Sunday, July 21, 2019
Home > Berita > Sosialisasi Budaya Sadar Bencana di Karangasem Berlangsung Semarak

Sosialisasi Budaya Sadar Bencana di Karangasem Berlangsung Semarak

Mimbar-rakyat.com (Karangasem) – Pertunjukan wayang Cenk Blonk yang dipadu dengan penampilan tarian Bali, pemberian santunan untuk 20 anak yatim piatu, serta hiburan dari penyanyi lokal, dan pemutaran film edukasi bencana gunungapi, menyemarakkan sosialisasi Budaya Sadar Bencana di Karangasem Bali.

Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita,  mengharapkan kegiatan yang digelar  Sabtu (22/6) di Lapangan Selat, Desa Selat, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali   itu  dapat memaknai media sosialisasi dan edukasi bencana sebagai upaya menanam dan membangun semangat tangguh dari bencana.

“Semoga pertunjukkan tradisional ini memberi manfaat sekaligus hiburan. Sekali lagi selamat menikmati dan Dirgahayu Kabupaten Karangasem ke 379,” kata Rita. Kegiatan itu digelar di lapangan ukuran sepakbola dan dipenuhi oleh pengunjung dan berlangsung semarak.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Arimbawa, mengucaapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan yang diprakarsai Pusdatinmas BNPB itu. “Masyarakat disuguhkan sosialisasi yang berbeda dalam rangka menghadapi bencana, salah satunya edukasi bencana untuk anak SD dan Wayang Cenk Blonk. Mewakili masyarakat Karangasam kami menghaturkan terima kasih banyak untuk BNPB,” tuturnya.

Staf Ahli Bupati Karangasem bidang Ekonomi Pembangunan, I Nengah Toya menyatakan acara ini merupakan penghargaan terhadap kesenian dan budaya lokal sebagai alat media pemahaman masyarakat pada pengurangan risiko bencana.

Pertunjukkan yang dikemas secara ringan dan humor. Bersifat edukatif, dan disisipi pesan-pesan positif dalam mengenal, memahami dalam meminimalisir bencana gunung api. “Harapannya materi yang tertuang dalam pementasan wayang diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat,” kaganya.***(eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru