Monday, July 06, 2020
Home > Hiburan > Siswi SMP Luncurkan Novel Do Kyungsoo’s Journal

Siswi SMP Luncurkan Novel Do Kyungsoo’s Journal

MIMBAR-RAKYAT.com (Sidoarjo) – Membanggakan, siswi kelas 9 SMP Al-Falah, Deltasari, Waru, Sidoarjo, Syarellia Safira Putri (14), meluncurkan novel berjudul “Do Kyungsoo’s Journal” untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November dan Hari Guru 25 November.

“Itu bentuk persembahan karya siswa kepada para guru dan para pahlawan. Terima kasih, Syarel. Anak-anak yang lain mulailah juga berkarya seperti dia,” kata Kepala SMP Al-Falah, Deltasari, Drs Luqman Chakim MM di sekolah setempat, Sabtu.

Novel itu bertutur tentang kisah cinta yakni cinta segitiga antara Juna, Kyungsoo dan Baekhyun. Meski barangkali diilhami drama-drama Korea, namun pengarang novel ini tidak sekadar mendongengkan kisah cinta.

Dalam novel setebal 200-an halaman itu dikisahkan perjuangan tokoh Juna yang mengalami amnesia akibat kecelakaan hebat, dalam mempertahankan ingatan, baik ingatan tentang persahabatan, keluarga, hingga cinta.

Syarel juga memperlihatkan rasa cintanya pada Bahasa Indonesia dalam novel dengan “setting” Korea itu. Ia tak cuma menghadirkan moralitas persahabatan, kesetiaan, kasih sayang, kesabaran, prestasi, cinta, atau kepiluan, tapi semuanya diatuliskan dengan bahasa yang piawai dan sungguh-sungguh.

“Kekuatan bangun imajinasi, interpretasi, intuisi, serta persepsi pengarang dalam novel ini yang dieksplorasi dari perspektif Juna, itu jelas melampaui usianya,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas, Muh Anshor S.Sos MPd.

Sebelumnya (8/11), Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya telah meluncurkan Program Studi Magister Ilmu Susastra yang diharapkan akan mendorong tumbuhnya industri kreatif di Tanah Air.

“Soekarno dan Soegija. Siapa yang tak kenal film Indonesia yang tayang di bioskop-bioskop ternama beberapa waktu yang lalu tersebut? Sebagai bagian dari industri kreatif, film itu mampu mentransfer nilai-nilai utama ke-Indonesiaan kepada masyarakat,” kata Ketua Prodi Sastra Inggris UKP, Dr Ribut Basuki MA.

Ia menjelaskan dengan adanya peluncuran program baru ini, maka UKP memiliki tiga program Strata Dua dengan konsentrasi yaitu Sastra dan Industri Budaya, Bahasa dan Industri Budaya serta Budaya Indonesia Tionghoa.

“Magister Ilmu Susastra itu akan memulai perkuliahan pada Februari 2015. Dengan bobot 72 SKS sesuai dengan peraturan terbaru dari pemerintah, maka lulusannya akan menyandang gelar Magister Humaniora (M.Hum),” katanya.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru