Monday, February 17, 2020
Home > Berita > Setelah Kibarkan Merah Putih di Puncak Eiger dan Montets, Tim Pramuka Indonesia Menuju Mont Blanc, Prancis

Setelah Kibarkan Merah Putih di Puncak Eiger dan Montets, Tim Pramuka Indonesia Menuju Mont Blanc, Prancis

Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bersama tim pendaki di puncak Grand Montets, Prancis. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Paris) – Setelah berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Eiger, Swiss dan Grands Montets, Prancis, tim pendaki dari Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia yang terdiri dari dua generasi itu bertolak ke perbatasan Prancis-Italia untuk menaklukkan Mont Blanc, gunung tertinggi di Eropa Barat.

“Alhamdulillah, tim dari Pramuka dan Vanaprastha telah berhasil mengibarkan bendera Merah Putih, spanduk Pancasila, Dasa Darma Pramuka, dan BRI di sejumlah puncak gunung di Eropa,” kata Ketua Umum Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault dalam keterangan elektroniknya yang dikirim dari Chamonix, Prancis, Sabtu (9/9).

Mantan Menpora ini bersama tim yang terdiri dari perwakilan pramuka dan pecinta alam Vanaprasta, pada Sabtu itu juga mulai menuju Mont Blanc yang berketinggian 4.810 meter dari permukaan air laut.

Tim ekpedisi dari kelompok generasi tua antara lain Adhyaksa,54, mantan Menpan Anton Apriantono, 58, Hidayat Hasan, 61, Gembong Tawang Alun, 59, dan lainnya. “Semuanya ada 18 orang,” tambah Adhyaksa yang juga mengirimkan sejumlah foto.

Kegiatan tersebut bertajuk Ekpedisi ini bertajuk “BRI – Gerakan Pramuka – Vanaprastha Untuk Merah Putih; Promosi Indonesia Pada Puncak-Puncak Dunia” Menurutnya kegiatan ini merupakan bagian dari Program Promosi Indonesia Pada Puncak-Puncak Dunia.

Adhyaksa menambahkan, seluruh anggota tim telah melakukan berbagai latihan fisik maupun mental. Tidak ada yang instan dalam pendakian seperti ini, meskipun pendaki sudah berpengalaman, latihan tak boleh lupa.

“Kami rutin naik Gunung Gede Pangrango dan latihan fisik untuk meningkatkan level VO2Max. Kami juga mendaki Gunung Fansipan, Vietnam, dan Gunung Kinabalu, Malaysia sebagai sesi akhir latihan,” jelas Adhyaksa yang sudah mendaki 60-an gunung ini.

Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia (BRI), Hari Siaga Amijarso mengungkapkan, BRI sebagai pendukung utama memandang ekspedisi ini sebagai kegiatan positif dua generasi Indonesia di tingkat internasional.

“Diharapkan semua anggota tim mampu mengharumkan nama bangsa dan kembali ke Tanah Air dengan selamat,” ujarnya. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru