Thursday, August 22, 2019
Home > Nasional > Seperti Perguruan Tinggi, Sistem SKS Diterapkan di SMA

Seperti Perguruan Tinggi, Sistem SKS Diterapkan di SMA

SMAN 2 Tangsel

Mimbar Rakyat.Com (Tangerang Selatan) – Sistem Kredit Semester (SKS) bagi sekolah SMA bakal diterapkan. Sosialiasi sistem ini mulai digencarkan, salah satunya di SMAN 2 Kota Tangsel yang ditunjuk sebagai percontohan pelaksanaan.

Kepala SMAN 2 Kota Tangsel Neng Nurhemah mengungkapkan, sekolahnya ditunjuk Pemkot Tangsel untuk menerapkan SKS layaknya di perguruan tinggi.

“Kami siap menerapkan untuk tahun ajaran 2017/2018 mendatang. Nanti siswa dapat lulus sesuai dengan kemampuan, bisa empat semester,” katanya, kemarin.

Penunjukan SMAN 2 Tangsel ini, sudah melalui proses seleksi panjang dengan berbagai persyaratan. “Salah satunya syarat utama kecerdasan siswa,” tambahnya.

TENAGA PENDIDIK
Selain itu, kesiapan tenaga pendidiknya yang rutin diberikan pelatihan dan pengembangan wawasan oleh Tim Pengembangan Kurikulum Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan sistem ini, setiap mata pelajaran sama nilainya dengan satu SKS yang meliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri. “Itu dilakukan selama seminggu,” katanya

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bangga SMN 2 ditunjuk untuk menerapkan sistem SKS ini.

“Ini sejalan degan misi Kota Tangsel sebagai kota cerdas, berkualitas, berdaya saing dengan berbasis teknologi dan informasi. Saat ini tak bisa lagi para siswa tidak melek teknologi,” katanya seraya berharap SMAN 2 mampu menerapkan sistem ini sehingga bisa diterapkan di sekolah lain. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru