Monday, September 16, 2019
Home > Berita > Sepakbola Fiala Konfederasi: Jerman Pulangkan Kamerun dan Bertemu Meksiko, Chile tantang Portugal di Semifinal

Sepakbola Fiala Konfederasi: Jerman Pulangkan Kamerun dan Bertemu Meksiko, Chile tantang Portugal di Semifinal

Pemain Jermann meluapkan kegembiraan setelah mengalahkan Kamerun 3-1. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Rusia) – Tim Panzer Jerman pulangkan Kamerun di Sepakbola Piala Konfederasi di Rusia. Kamerun takluk 1-3, sehingga Jerman jadi juara Grup B dan lolos kesemifinal, Minggu (25/6/2017) malam WIB. Jerman jumpa Meksiko yang merupakan runner-up Grup A.

Sementara Chile yang berhasil menahan imbang 1-1 Australia, juga lolos ke semifinal dan akan menantang tim unggulan Portugal.

Pada laga yang digelar di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi, Rusia itu, Jerman unggul lewat gol Demirbay pada menit ke-48 serta Werner menit ke-66 dan menit ke- 81. Sedangkan gol balasan Kamerun dicetak Aboubakar menit ke-78.

Dengan hasil ini Jerman jadi juara grup setelah mengoleksi nilai tujuh dari dua kali menang sekali seri, sedangkan Kamerun hanya memiliki nilai satu dari sekali seri sehingga berada di urutan buncit Grup B.

Memang tidak mudah bagi pemain muda Jerman mengalahkan Kamerun yang bermain ngotot. Soalnya meski peluang lolos kecil, namun jika mampu menang masih bisa menyingkirkan Juara Dunia di Brasil itu. Butuh waktu 48 agar bisa memecah kebuntuan lewat gol Kerem Demirbay.

Jerman tidak mengawali laga ini secara meyakinkan. Di menit ke-24, seharusnya bisa mencetak gol ketika Joshua Kimmich menyambar umpan silang Marvin Plattenhart, namun tandukannya dari jarak dekat masih melebar tipis. Selanjutnya sejumlah pemain seperti Timo Werner, Kerem Demirbray, Julian Draxler terus mengurung pertahanan Kamerun.

Di penghujung babak pertama, Kamerun mendapat peluang terbaiknya saat crossing Benjamin Moukandjo berhasil disambut Zambo Anguissa, namun Ter Stegen berhasil mengantisipasinya. Hingga turun minum, skor tanpa gol tidak berubah.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan tiga menit setelah babak kedua berjalan. Berawal dari umpan tumit cerdik Draxler, Demirbay berada di posisi bagus untuk menendang bola dengan keras yang bersarang di pojok atas gawang Kamerun.

Ada kejadian kontroversial di menit ke-64 ketika wasit salah mengidentifikasi pemain yang melakukan pelanggaran. Alih-alih menghukum Ernest Mabouka, yang menaikkan kakinya ke paha Emre Can, wasit malah memberikan kartu kuning kepada Sebastien Siani. Lewat bantuan Video Assistant Referee (VAR), wasit meralat keputusannya dan malah memberikan kartu merah kepada Mabouka.

Hanya dua menit setelah insiden itu, Jerman yang unggul jumlah pemain mampu menggandakan skor lewat tandukan Werner menyambut umpan silang terukur Kimmich. Berada di atas angin, Jerman sedikit kehilangan konsentrasi di menit ke-78 ketika tandukan pelan Vincent Aboubakar, menyambar crossing Moumi Ngamaleu, sudah cukup membuat Ter Stegen terkecoh.

Meski demikian, Jerman kembali mencetak gol beberapa menit berselang. Mendapat umpan Julian Brandt, Benjamin Henrichs meneruskannya ke tengah kotak penalti di mana Werner dengan mudah menyambarnya. Di sisa laga, tekanan Jerman belum berhenti dan mereka nyaris mencetak gol keempat lewat Werner dan Amin Younes, namun kedudukan 3-1 tetap bertahan hingga laga usai.

PAHLAWAN CHILE
Sedangkan Martin Rodriguez jadi pahlawan Chili saat menghadapi Australia Minggu malam WIB. Berkat gol Rodriguez, Chili lolos dari kekalahan sehingga bermain imbang 1-1 .

Dengan hasil ini sudah cukup menghantarkan Chili lolos ke semifinal mendampingi Jerman. Chili mengoleksi lima poin dari dua kali menang sekali kalah sedangkan Australia berada di posisi ketiga dengan nilai dua dari dua kali seri.

Chili yang jawara Copa America ini pun dipastikan menantang kampiun Euro Portugal di fase empat besar, Rabu (28/6) mendatang.

Pada laga yang dihelat di Otkrytiye Arena, Moskow, tersebut Australia unggul lebih dulu lewat gol James Troisi pada menit ke-42 yang kemudian dibalas Rodríguez menit ke-67.
Kedua negara memasuki lapangan sama-sama masih memilikipeluang untuk menembus babak knock-out. Hanya saja , misi Australia lebih sulit lantaran mereka wajib merengkuh kemenangan dengan margin minimal dua gol.

Karena itu pasukan Ange Postecoglou itu langsung memberikan perlawanan sengit sejak menit awal terhadap Chili, tim peringkat keempat di ranking FIFA.

Pemain-pemain Australia beberapa kali memaksa Claudio Bravo melakukan penyelamatan. Rermasuk ketika menyelamatkan gawangnya dari sepakan jarak dekat Massimo Luongo.

Australia akhirnya mampu memecah kebuntuan tiga menit menjelang interval. Awalnya Robbie Kruse mendapat bola dari sepakan Bravo ia lalu melewati sergapan Gonzalo Jara sebelum mengirimkan umpan matang kepada James Troisi, yang memperdaya Bravo dengan tendangan cungkilan dingin dari jarak enam yard.

Australia seharusnya dapat menggandakan angka sebelum berakhirnya babak pertama, namun penyelesaian Trent Sainsbury melayang terlampau tinggi meskipun telah berada di posisi sangat bagus usai mendapat operan Tim Cahill.

Memasuki babak kedua, Chili yang wajib mencetak gol penyeimbang lalu membuat pergantian pemain dengan memasukkan Pabo Hernandez serta Rodriguez setelah menarik keluar Charles Aranguiz dan Jose Fuenzalida.

Perubahan yang dilakukan pelatih Juan Antonio Pizzi langsung berdampak positif untuk Cile. Beberapa kesempatan emas diciptakan Chili sebelum mereka akhirnya mampy mencetak gol menyeimbangkan kedudukan dimenit ke-68.

Halauan tak meyakinkan Sainsbury mengantisipasi umpan silang Eugenio Mena melahirkan kemelut di kotak penalti Australia, hingga berujung dengan lahirnya gol dari Rodriguez mengonversi assist Eduardo Vargas.

Chili punya peluang bagus untuk berbalik memimpin saat sundulan Vargas menyambut umpan silang Alexis Sanchez menyamping tipis di sisi gawang Mathew Ryan, namun Australia juga bisa saja mengunci kemenangan andai Jamie Maclaren sukses memaksimalkan bola terobosan Troisi. Skor sama kuat 1-1 bertahan sampai laga berakhir. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru