Friday, November 22, 2019
Home > Berita > Selundupkan Shabu 1 Ton dari China, Gembong Jaringan Taiwan Ditembak Mati Tim Gabungan

Selundupkan Shabu 1 Ton dari China, Gembong Jaringan Taiwan Ditembak Mati Tim Gabungan

Kapolresta Depok Kombes Hery Heriawan bersama Dirnarkoba Polda Metro Kombes Nico serta Tim Gabungan Satgas Merah Putih, serta Polisi Taiwan menyita puluhan kotak isi shabu. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Depok) – Warga negara Taiwan, gembong penyelundup 1 ton shabu dari China ditembak mati Tim Gabungan Satgas Merah Putih.

Kasat Narkoba Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana, Kamis (13/7) mengatakan, pelaku yang ditembak mati, Lin Ming Hui, warga negara Taiwan. Pelaku ini diketahui sebagai bos atau pengendali peredaran narkoba jenis shabu yang diamankan bersama barang bukti seberat 1 ton.

“Pelaku yang kita lumpuhkan ini berperan sebagai pengendali atau bos peredaran jaringan nternasional. Dari hasil operasi yang dilakukan tim gabungan, didapatkan barang bukti shabu 51 kotak total berat 1 ton bernilai ratusan milliar rupiah berhasil disita,” ujarnya.

Mantan Kapolsek Sunda Kelapa ini mengungkapkan, telah menyelidiki kasus ini selama dua bulan setelah ada laporan dari pihak kepolisian Taiwan.

“Berkat kerjasama baik dengan kepolisian Taiwan, Tim Gabungan Satgas Merah Putih yaitu terdiri dari Ditnarkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok, yaitu Kapolresta Depok Kombes Hery Heriawan berhasil menggagalkan penyelundupan shabu asal China yang akan diedarkan masuk ke Indonesia melalui jalur laut,” katanya.

Perwira jebolan Akpol 2004 ini menambahlan, pelaku tewas dalam perjalanan menuju RS Polri Kramat Jati.

Sebelumnya, Tim Gabungan Satgas Merah Putih di bawah pimpinan Dirnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Dr.Nico dan Kapolresta Depok Kombes Hery Heriawan berhasil mengendus penyelundupan sabu asal China seberat 1 Ton.

Penyergapan dilakukan di Dermaga eks Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis (13/7) pagi. Empat pelaku kewarganegaraan Taiwan ditangkap. Selain Lin Ming Hui, petugas juga menangkap Chen Wei Cyuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li.

Petugas mengamankan barang bukti 27 kotak di Innova gold, 24 kotak di Innova hitam dengan total ada 51 kotak dengan berat jumlah 1.000 kg (1 ton). Masing-masing karung isi 20 kg jadi total barang bukti 1 ton.

Terungkapnya kasus ini setelah Tim Gabungan Satgas Merah Putih menerima informasi dari pihak Kepolisian Taiwan bahwa akan ada pengiriman narkoba jenis shabu dari Cina ke wilayah Indonesia. (joh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru