Thursday, November 14, 2019
Home > Berita > Selasa, Potensi Hujan Lebat di Berbagai Wilayah Indonesia

Selasa, Potensi Hujan Lebat di Berbagai Wilayah Indonesia

Ilustrasi - Potensi hujan lebat di berbagai wilayah indonesia.

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Cuaca masih tetap ekstrem dan sebagian wilayah di Indonesia diprakirakan berpotensi turun hujan lebat pada Selasa (11/10), demikian disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya.

“Potensi hujan lebat di wilayah Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogyakarta, Jawa Timur, Maluku Utara, Papua Barat, Papua,” kata Andi melalui pesan elektronik di Jakarta, Senin.

Sementara itu, potensi hujan badai diprakirakan terjadi di wilayah Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah.

Untuk wilayah Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, diprakirakan berpotensi terjadi angin kencang.

Selain itu, Andi menyampaikan adanya potensi gelombang tinggi di Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Tengah ,Perairan barat Kep. Nias dan Mentawai, Perairan Kep. Enggano – Bengkulu, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan.

“Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Perairan selatan Jawa hingga NTB, Perairan selatan Sumbawa, Perairan selatan P. Sumba, Samudra Hindia barat Mentawai hingga barat Lampung,” ungkap Andi.

Sedangkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian besar Jawa dan Lampung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan pada Senin malam.

Sementara menurut laman BMKG, Senin, wilayah Jabodetabek akan diguyur hujan sedang hingga lebat.

Berdasarkan prakiraan cuaca, sebagian besar wilayah DKI Jakarta diperkirakan akan diguyur hujan lebat, dengan rincian Kepulauan Seribu akan mengalami hujan sedang.

Kemudian, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur akan mengalami hujan lebat.

Sementara, pada pagi dan siang hari, seluruh wilayah DKI Jakarta diprakirakan dengan cuaca berawan.

Selain itu, daerah Depok dan Tangerang diprakirakan mengalami hujan lebat, sedangkan wilayah Bekasi dan Bogor diperkirakan mengalami hujan sedang.

Bagi Anda yang sedang bepergian, diminta hati-hati dan waspada di jalanan, terlebih bila ada genangan air.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru