Tuesday, December 12, 2017
Home > Berita > Selamat Datang Anies – Sandi

Selamat Datang Anies – Sandi

Tugas yang dinanti-nantikan itu akhirnya datang. Setelah memenangi pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, April 2017 lalu, Senin (16/10), jika tidak ada aral melintang, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur  DKI Jakarta untuk masa bhakti  2017 – 2022. Pasangan ini dilantik di Istana Merdeka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pelantikan pasangsan  ini tentu memiliki catatan dan harapan tersendiri. Paling tidak masyarakat, terlebih warga Jakarta, akan menanti janji-janji yang pernah diucapkan kedua pemimpin Ibu Kota ini ketika kampanye dulu. Mampukah Anies dan Sandi meujudkan janji-janji yang pernah mereka kemukakan, ataukah hanya janji-janji kosong belaka. Waktu akan membuktikannya.

Yang pasti, warga Jakarta, mulai dari yang tinggal dari gang-gang sempit, sampai pada mantan Gubernur DKI Jaya Sutiyoso, dapat dipastikan memiliki harapan luar biasa terhadap pasangan Gubernur DKI yang baru ini. Anies dan Sandiaga diharapkan dapat memimpin lebih baik dari gubernur/wakil gubernur sebelumnya.

Pasangan ini diharapkan mampu merangkul semua kalangan. Harus selalu berdiri di atas semua golongan. Anies – Sandi berkewajiban merekatkan kembali warga Jakarta yang sempat terseret dalam arus kampanye cukup panas dalam pilgub lalu.  Persatuan warga Jakarta usai Pilkada DKI 2017 harus dipererat kembali.

Kita berharap Anies dan Sandi tidak ingkar janji, tidak lupa terhadap harapan demi harapan yang pernah mereka suarakan bagi warga Jakarta khususnya. Janji-janji itu antara lain; program rumah dengan uang muka (DP) 0 rupiah. Yang ingin membeli rumah cukup menabung selama 6 bulan di bank milik Pemda Jakarta, Bank DKI. Tabungan  selama 6 bulan itu menjadi pengganti DP yang nilainya mencapai 10 persen dari harga rumah.

Janji lain adalah program transportasi terintegrasi dengan biaya serba Rp 5.000. Maksudnya warga dengan tiket terusan seharga Rp 5.000,- sudah bisa naik TransJakarta, Kopaja, Metro Mini, dan angkutan umum lainnya. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ini pada masa kampanye juga berjanji tidak akan melanjutkan proyek reklamasi yang menjadi warisan Gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama, yang dikenal dengan proyek Teluk Jakarta. Prosyek itu dinilai hanya memberikan banyak mudarat bagi nelayan dan lingkungan.

Janji lain adalah tidak akan lagi melakukan penggusuran. Alasannya, penggusuran tidak manusiawi dan hanya membuat menderita warga Jakarta. Pasangan pemimpin baru di Jakarta ini berjanji mengganti program penggusuran dengan penataan kembali. Anies – Sandi juga berjanji akan menutup Hotel dan Spa Alexis di Jakarta Utara, serta tempat-tempat hiburan lainnya yang merangkap jadi pusat peredaran narkoba. Selain itu masih ada janji-janji lain yang tentunya dicatat dan dinantikan pelaksanaannya oleh masyarakat Jakarta.

Semua janji pasangan Anies dan Sandiaga tentunya manis dan mengundang harapan luar biasa. Kita mendukung semua itu betul-betul bisa ditepati atau dilaksanakan oleh pemimpin baru kota Jakarta ini. Jangan biarkan janji tinggal janji, yang ujung-ujungnya menimbulkan kekecawaan bagi rakyat banyak, bukan hanya warga Jakarta tetapi juga warga sekitar (Bodetabek) yang setiap harinya melakukan kegiatan di Jakarta.

Ingat, jabatan bukanlah hadiah, tetapi amanah. Pasangan ini diharapkan dapat memimpin dengan jujur, dapat dipercaya, untuk melaksanakan sesuatu yang dipercayakan Allah untuk kepentingan orang banyak. Anies dan Sandi diharapkan tak lupa diri, ibarat kacang tak lupa dengan kulitnya. Pelantikan adalah awal dari segalanya, awal pasangan ini memenuhi janji-jani yang pernah mereka kumandangkan.

Jakarta adalah kota besar yang memiliki harapan dan tantangan yang kompleks. Jakarta terus menjanjikan kehidupan yang manis, namun Ibu Kota Negara ini juga memiliki masalah yang komplek. Kemacetan masih menjadi tantangan hebat, begitu pun masalah kemiskinan masih mencuat di tengah kemegahan bangunan menjulang angkasa. Kita berharap pemimpin Jakarta yang baru mampu mengubah segalanya ke arah lebih baik. Selamat datang Anies – Sandi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru