Friday, October 18, 2019
Home > Berita > Sekda DKI Saefullah: Semua Rusun di Jakarta Jorok, Buang Sampah dan Meludah Sembarangan

Sekda DKI Saefullah: Semua Rusun di Jakarta Jorok, Buang Sampah dan Meludah Sembarangan

Sekda DKI Saefullah. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) milik Pemprov DKI Jakarta, diminta menjaga kebersihan. Pasalnya fasilitas gedung yang dibangun setara dengan apartemen tersebut terlihat jorok lantaran warga membuang sampah sembarangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, M. Saefullah meminta pengelola dan penghuni agar bersama-sama menjaga kebersihan rusun.

“Kalau huniannya bersih jadi lebih sehat, nyaman, dan awet. Tapi kalau buang sampah seenaknya, meludah di sembarang tempat, jadi kotor dan banyak sumber penyakit,” ujar Saefullah di Balaikota, Senin (5/6).

Saefullah mengaku banyak mendapat laporan dari petugas maupun masyarakat bahwa hampir semua rusun yang dihuni masyarakat berpenghasilan rendah maupun korban gusuran, kondisinya jorok.”Semua rusun di Jakarta jorok,” katanya.

Ruang lobi, tangga, maupun sarana umum lainnya banyak berserakan sampah makanan dan minuman. Bekas air ludah dan dahak banyak menempel di tembok. “Sepertinya para penghuni perlu dibina pola hidup bersih dan sehat,” tambahnya.

Bangunan rusun yang masih sangat baru, kondisinya sangat bau. Contohnya, Rusun Daan Mogot, Rawabebek, Kalibaru, Cipinang, dan seabrek lainnya. Selain banyak sampah juga jemuran pakaian tak beraturan sehingga kondisinya semrawut.

Padahal, di tiap lokasi sudah disediakan tempat penampungan sampah, namun warga masih seenaknya buang sampah di mana-mana. (joh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru