Friday, November 22, 2019
Home > Berita > Sebastian Vettel Kecam Aturan Baru F1

Sebastian Vettel Kecam Aturan Baru F1

Pebalap Formula Satu Sebastian Vettel.

MIMBAR-RAKYAT.com (Budapest) – Aturan baru pada laga F1 belum lagi diterapkan resmi, tapi mantan juara dunia Sebastian Vettel sudah mengecam aturan itu – khususnya menyangkut pengetatan penggunaan komunikasi radio.

Vettel menjelaskan pandangannya bahwa pebalap seharusnya dibolehkan bebas berbicara apa pun dengan timnya saat balapan, karena itu menyangkut kepentingan di saat berlaga di lintasan.

“Soal isu aturan radio ini, menurut saya, hanya gurauan,” kata pebalap Ferrari itu Kamis (Jumat WIB), saat persiapan jelang GP Hongaria, seperti dikutip berbagai media dan kantor berita transnasional.

Direktur Formula Satu Federasi Otomobil Internasional (FIA) Charles Whiting mengeluarkan “panduan teknis” bagi tim peserta untuk menjelaskan apa saja yang boleh disampaikan kepada pebalap melalui radio.

Menurut dokumen itu, tim dapat menginformasikan ke pebalapnya mengenai kondisi kendaraan, namun setiap pesan harus termasuk instruksi yang tidak dapat berubah untuk masuk pit guna memperbaiki atau menghentikan mobilnya.

Panduan baru itu juga menegaskan bahwa pembatasan pembicaraan radio tidak akan diterapkan jika mobil sedang berada di jalur pit.

Aturan ini muncul setelah Nico Rosberg, yang mendapat bantuan dari tim Mercedes untuk mengatasi masalah gearbox saat GP Inggris bulan ini, dinyatakan melanggar aturan tentang larangan tim memberi bantuan ke pebalap melalui komunikasi radio.

Sepekan sebelumnya pebalap tim Force India Sergio Perez terhempas di lap terakhir GP Austria setelah ada masalah rem pada mobilnya, sementara timnya merasa tidak boleh memberi informasi masalah itu.

Vettel mengatakan, pembatasan penggunaan radio adalah langkah yang keliru dan meminta aturan itu dicabut.

“Ini bukan kesalahan kami sebagai pebalap, tapi mobil sekarang begitu canggih sehingga perlu panduan penuh untuk mengoperasikannya,” kata pebalap asal Jerman yang telah empat kali juara dunia itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru