Friday, December 13, 2019
Home > Internasional > Sebanyak 23 Ribu Lebih Pengungsi Sudan ke Uganda

Sebanyak 23 Ribu Lebih Pengungsi Sudan ke Uganda

MIMBAR-RAKYAT.com (Kampala) – Sebanyak 23.546 pengungsi Sudan Selatan yang menyelamatkan diri dari pertempuran di dalam negeri mereka telah menyeberang ke dalam wilayah Uganda pada 16 Desember, demikian laporan dari badan pengungsi PBB di Kampala, Selasa (7/1).

Laporan yang diperbarui Komisariat Tinggi PBB Urusan Pengungsi (UNHCR) menyatakan, banyak pengungsi terus mengalir ke dalam negara di Afrika Timur itu.

Di antara 23.546 pengungsi tersebut terdapat 16.264 orang yang diterima di pusat persinggahan / gedung sekolah dasar Dzaipi di Kabupaten Adjumani dan 5.552 orang diterima di pusat penampungan Ocea.

Juga terdapat 1.730 orang yang telah tiba langsung ke permukiman pengungsi Kiryandongo.

“Situasi di perbatasan Elegu/Nimule dan pusat persinggahan Dzaipi tetap mengkhawatirkan mengingat sangat banyaknya orang yang datang,” bunyi laporan tersebut.

Lembaga PBB itu menyatakan meskipun tanggap-darurat sedang dilancarkan dan sebagian bantuan tersedia, masih terjadi kekurangan kritis tempat berteduh, fasilitas air dan kebersihan, dan pasokan medis buat tempat penampungan yang dipenuhi orang.

Lembaga kemanusiaan yang menangani pengungsi, katanya, telah kewalahan menghadapi jumlah orang yang datang dan berjuang menangani situasi tersebut, demikian laporan media, Rabu pagi.

“Mengingat besarnya arus pengungsi, semua kebutuhan dasar memerlukan tanggapan segera,” kata laporan itu.

Pertempuran meletus pada Desember antara tentara yang setia kepada mantan wakil presiden Riek Machar dan Presiden Sudan Selatan Salva Kiir.

Ada pembicaraan yang berlangsung antar-pihak yang berperang dalam upaya menghentikan pertempuran.  (Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru