Wednesday, July 08, 2020
Home > Berita > Sebanyak 195.920 Orang Meninggal, PBB Putuskan Bantu Tangani COVID-19

Sebanyak 195.920 Orang Meninggal, PBB Putuskan Bantu Tangani COVID-19

Setelah dilakukan pengujian atas semua anggota kru selesai, jumlah baru—seperti dilaporkan penyiar publik NHK-- kapal pesiar Atlantica Costa membawa total terinfeksi menjadi sekitar 150. (Foto: Kyodo via Reuters/l Jazeera)

Setelah dilakukan pengujian atas semua anggota kru selesai, jumlah baru—seperti dilaporkan penyiar publik NHK-- kapal pesiar Atlantica Costa membawa total terinfeksi menjadi sekitar 150. (Foto: Kyodo via Reuters/l Jazeera)

WHO bekerja sama dengan negara dan mitra di seluruh dunia untuk menemukan vaksin dengan cepat karena infeksi melampaui 2,7 juta.

mimbar-rakyat.com – Para pemimpin dunia telah bersatu dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk inisiatif membantu negara-negara yang paling rentan mendapatkan akses ke vaksin, diagnostik dan alat perawatan untuk virus corona segera.

Sebanyak 195.920 orang telah meninggal hingga Sabtu (25/4) ini akibat pandemi, dengan  2.790.986 juta orang terinfeksi secara global, di antaranya hampir 781.382 orang telah pulih. Demikian laporan Al Jazeera yang dilaporkan oleh Ted Regencia darii Kuala Lumpur, seperti dikutip mimbar-rakyat.com.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, badan tersebut bekerja sama dengan negara dan mitra di seluruh dunia untuk mempercepat kerja obat-obatan dan vaksin untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Kasus-kasus corona Afrika telah melonjak 43 persen dalam sepekan terakhir tetapi negaranya sangat tertinggal dalam perlombaan global untuk peralatan medis yang langka. Bahkan sepuluh negara tidak memiliki ventilator sama sekali.

John Nkengasong, direktur Pusat Afrika untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, benua itu bersaing dengan dunia maju dalam hal memperoleh pasokan dan peralatan. “Masa depan benua itu akan tergantung pada bagaimana masalah ini ditangani.”

Korban tewas di Amerika Serikat melampaui 51.000 di tengah lebih dari 890.000 kasus. Tetapi jumlah kematian harian di New York telah turun, dengan 422 dilaporkan pada hari Jumat – terendah sejak 1 April.

Sumber lain terkait COVID-19 menyebutkan, Israel telah mengkonfirmasi terpapar virus corona 15.058 orang, meninggal 194 orang, dan sembuh 6.003.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Sabtu, 25 April:

04:30 GMT – Pelapor khusus PBB membunyikan alarm ketika merespons COVID-19.
Pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang kebebasan berpendapat dan berekspresi telah membunyikan alarm atas beberapa respons terhadap darurat kesehatan global setelah pandemi coronavirus.

Dalam sebuah posting media sosial pada hari Sabtu, David Kaye menunjukkan ringkasan laporannya kepada Dewan HAM PBB, yang menyimpulkan bahwa beberapa kebijakan yang dilakukan untuk membantu mengatasi penyakit mematikan “mungkin gagal memenuhi standar legalitas, kebutuhan dan proporsionalitas. “.

Dia menulis dalam ringkasan bahwa akses ke informasi, media independen, dan hak kebebasan berekspresi lainnya “sangat penting untuk memenuhi tantangan pandemi.”

03:24 GMT – Hampir 60 kasus virus corona baru dikonfirmasi di kapal pesiar di Jepang.
Hampir 60 kasus baru infeksi coronavirus dikonfirmasi di antara anggota awak kapal pesiar Italia yang merapat di Jepang, media domestik melaporkan pada Sabtu.

Dengan pengujian semua anggota kru sekarang selesai, jumlah baru, dilaporkan oleh penyiar publik NHK, membawa total infeksi di atas kapal Atlantica Costa menjadi sekitar 150, kira-kira seperempat dari 623 awak kapal. TV Asahi mengatakan 57 anggota kru dinyatakan positif.

Cluster infeksi di atas kapal yang merapat di Nagasaki datang ketika rumah sakit kehabisan tempat tidur di beberapa bagian Jepang, di mana jumlah kasus virus nasional telah meningkat di atas 12.800.  Menurut kantor berita Reuters sekitar 345 orang telah tewas.

02:33 GMT – Vanuatu menentang penutupan virus corona dengan final kriket wanita.
Negara pulau Pasifik di Vanuatu menentang penutupan olahraga global yang dipimpin oleh coronavirus dengan menjadwalkan final kriket Liga Super Wanita dan streaming di media sosial pada hari Sabtu, kantor berita Reuters melaporkan.

Kebanyakan olahraga di seluruh dunia, termasuk semua kriket internasional, telah dihentikan karena langkah-langkah sosial yang dilakukan untuk mengendalikan pandemi. Vanuatu, sekitar 2.000 kilometer (1.242 mil) di lepas pantai timur Australia, memiliki populasi 300.000 tetapi belum mencatat satu pun kasus COVID-19.

“Kami beruntung di sini di Vanuatu dan kehidupan kembali normal, jadi kami pikir itu adalah tugas kami untuk menyediakan dunia olahraga langsung kepada dunia,” Shane Deitz, kepala eksekutif Vanuatu Cricket, mengatakan dalam sebuah video yang diposting di Twitter.

02:01 GMT – Pejabat senior yang dikutip oleh Trump sedang diselidiki.
Pejabat senior Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) yang disorot oleh Presiden AS Donald Trump untuk menggambarkan efek suhu pada COVID-19 telah menjadi sasaran tuduhan pelanggaran atas pekerjaan pemerintah sebelumnya.

Investigasi Inspektur Jenderal Departemen Energi masih menunggu pada hari Jumat berdasarkan bukti yang diajukan oleh whistle-blower bahwa William Bryan menyalahgunakan posisi pemerintahnya dengan pekerjaan konsultasi energi di Ukraina.

Tidak jelas apakah Trump mengetahui penyelidikan itu ketika dia meminta Bryan pada pengarahan hariannya Kamis untuk menjelaskan penelitian DHS yang mendorong riff presiden tentang potensi untuk menyembuhkan virus dengan desinfektan dan membunuhnya dengan sinar matahari.

Bryan telah bertindak sebagai sekretaris untuk Direktorat Sains dan Teknologi DHS, sejak Mei 2017. Sebelum itu, ia adalah presiden sebuah perusahaan konsultan di Virginia, setelah bekerja sebelumnya dengan Departemen Energi.

01:35 GMT – China melaporkan 12 kasus virus corona baru, tidak ada kematian baru.
China melaporkan 12 kasus virus korona baru pada 24 April dibandingkan dengan enam kasus baru pada hari sebelumnya, data Komisi Kesehatan Nasional menunjukkan pada hari Sabtu. Dari kasus-kasus baru, 11 diimpor.

Komisi juga melaporkan 29 kasus asimptomatik baru, sedikit turun dari penghitungan hari sebelumnya 34. Empat dari kasus ini diimpor.

Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok sekarang adalah 82.816. Jumlah korban tetap sama di 4.632, tanpa ada kematian baru yang dilaporkan pada 24 April.

01:29 GMT – Menteri Kesehatan Polandia mengatakan paling aman untuk menunda pemilihan Mei.
Menteri Kesehatan Polandia, yang juga seorang ahli jantung, mengatakan bahwa menunda pemilihan presiden negara itu sampai 2022 akan menjadi “satu-satunya pilihan yang aman” mengingat pandemi coronavirus.

“Satu pilihan adalah menunda seluruh masalah ini selama dua tahun dan benar-benar menangani epidemi ini. Saya pikir itu pilihan terbaik dan saya merekomendasikannya,” Menteri Dr Lukasz Szumowski mengatakan kepada televisi komersial Polsat Polandia.

Meskipun ada tekanan dari oposisi, pekerja medis, mayoritas masyarakat dan bahkan anggota dan sekutu dari partai konservatif yang berkuasa, pemerintah telah menolak untuk menunda pemungutan suara 10 Mei. Presiden Andrzej Duda mencalonkan diri dalam pemilihan kembali.

01:15 GMT – IMF menyetujui $ 309 juta bantuan untuk Mozambik.
Dana Moneter Internasional (IMF) telah mengumumkan pembayaran bantuan darurat sebesar $ 309 juta ke Mozambik untuk membantu memerangi pandemi coronavirus.

“Pandemi itu harus memiliki dampak signifikan pada ekonomi Mozambik, mencapai pemulihan yang muncul setelah dua topan tropis yang kuat yang melanda pada 2019,” kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.

00:27 GMT – Angkatan Laut AS ingin mengembalikan kapten kapal induk yang dipecat.
Dalam pembalikan yang luar biasa, Angkatan Laut AS telah merekomendasikan untuk mengembalikan kapten yang dipecat dari kapal induk terpapar coronavirus, Theodore Roosevelt, yang awaknya memuji dia sebagai pahlawan mereka karena mempertaruhkan pekerjaannya untuk melindungi kehidupan mereka, kata para pejabat kepada kantor berita Reuters.

Kepemimpinan Angkatan Laut membuat rekomendasi untuk mengembalikan Kapten Brett Crozier kepada Menteri Pertahanan Mark Esper pada hari Jumat, hanya tiga minggu setelah Crozier dibebaskan dari komando setelah membocorkan surat yang ia tulis meminta Angkatan Laut untuk tindakan yang lebih kuat untuk melindungi awak, dengan syarat anonimitas.

Pentagon mengeluarkan pernyataan yang mengakui Esper menerima hasil penyelidikan awal Angkatan Laut atas insiden Roosevelt. Tetapi itu menambahkan bahwa Esper ingin meninjau salinan tertulis dari penyelidikan lengkap.

00:17 GMT – Kasus coronavirus Mexico, kematian terus meningkat.
Kementerian kesehatan Meksiko telah mengkonfirmasi total 12.872 kasus virus corona di seluruh negeri.
Kementerian itu juga mengatakan jumlah kematian telah mencapai 1.221.

00:05 GMT – Inggris memulai uji coba plasma terhadap coronavirus.
Inggris akan memulai uji coba untuk melihat apakah plasma yang dikumpulkan dari donor yang telah pulih dari COVID-19 bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk pasien yang sangat tidak sehat dengan penyakit ini. Kantor berita Reuters melaporkan.

Hingga 5.000 pasien sakit parah dengan COVID-19 dapat segera dirawat setiap minggu dengan plasma sebagai bagian dari pendekatan baru untuk mengobati virus, kata departemen kesehatan pada hari Sabtu.

Plasma dari pasien COVID-19 yang pulih dapat ditransfusikan kepada pasien yang berjuang untuk memproduksi antibodi mereka sendiri terhadap virus.***sumber Al Jazeera dan kantor-antor berita, Google. (dta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru