Tuesday, December 12, 2017
Home > Berita > Sean Kian Nyaman Dengan Toro Rosso

Sean Kian Nyaman Dengan Toro Rosso

Sean Gelael tes Toro Ross di Hungaroring. Ini daftar peserta dan hasilnya. (mimbar-rakyat.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Budapest) – Pebalap Indonesia, Sean Gelael, kian nyaman dengan mobil Formula 1 STR 12 milik tim Toro Rosso, setelah pebalap berusia 21 tahun itu menyelesaikan 101 putaran  saat menjalani tes Formula 1 di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Selasa waktu setempat.

Sean memacu mobil STR12 yang biasanya dipakai pebalap Toro Rosso asal Spanyol, Carlos Sainz Jr, dan mencatat putaran terbaik satu menit 20,341 detik

Sean dan Toro Rosso mencoba bagian mobil yang berkaitan dengan aerodinamis. Sayangnya, setelah sekitar 90 menit sesi berjalan, mobil Sean bermasalah yang membuat dia kehilangan banyak kesempatan.

Sean Gelael tes Toro Ross Hungaroring. (mimbar-rakyat.com)

Asap sempat keluar dari bagian belakang mobil Sean. Mekanik Toro Rosso segera memperbaiki mobil dan Sean bisa kembali ke lintasan dan melakukan lima putaran sebelum jeda istirahat. Total, dia menyelesaikan 23 putaran pada bagian pertama sesi ini.

Setelah makan siang, seperti diceritakan manajer media Sean Gelael, Aswin Rizal Batubara, putera pengusaha dan mantan pereli nasional Ricardo Gelael itu kembali menguji settingan mobil dengan memakai ban soft dan supersoft.

“Namun, dia masih belum bisa menyamai catatan waktu pebalap lain dan berada di posisi paling bawah daftar pencatat putaran tercepat. Satu jam sebelum sesi berakhir, Sean memakai ban ultrasoft dan akhirnya bisa memperbaiki catatan putarannya,” kata Aswin.

Sean berada di urutan kedelapan dari 12 pebalap yang turun pada hari pertama tes itu. Secara umum, Sean mengaku puas dengan hasil tes bersama Toro Rosso dan kendati sempat ada kendala mesin dan radio komunikasi, tes bisa diselesaikan dengan baik.

“Yang pasti, tes ini memberi banyak pengalaman dan pembelajaran buat saya,” kata Sean.

Pesaing Sean di ajang balap Formula 2 (F2) dari tim Prema Racing, Charles Leclerc (Monaco), juga turun pada hari pertama tes di Hungaroring.

Bersama Ferrari, dia mejadi pebalap dengan catatan putaran tercepat (1 menit 17,746 detik). Stoffel Vandoorne (Belgia) dari tim McLaren berada di urutan kedua. Vandoorne merupakan juara GP2 Series (sebelum berganti nama menjadi Formula 2) 2015. Sementara itu, Valtteri Bottas (Mercedes) mencatat putaran tercepat ketiga. Bottas turun hanya untuk mengetes ban Pirelli, sehingga tidak banyak mengubah setting-an mobil dan jumlah lap yg dilahap pun lebih banyak.

Bagi Sean, ini merupakan kali kedua dia memacu mobil Formula 1. April lalu, dia juga mendapat kepercayaan dari Toro Rosso untuk menguji mobil mereka pada tes yang dilakukan di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. Ketika itu, Sean turun dengan mamaki mobil yang biasa dipacu pebalap Toro Rosso dari Rusia, Daniil Kvyat.

Setelah tes ini, Sean punya waktu istirahat sekitar satu bulan sebelum menjalani seri kedelapan F2 2017 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, 25-27 Agustus.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru