Wednesday, December 11, 2019
Home > Berita > Sean Gelael awali lomba di tanah dan kembali ke tanah di Sirkuit Paramount Land Serpong

Sean Gelael awali lomba di tanah dan kembali ke tanah di Sirkuit Paramount Land Serpong

Sean Gelael dan navigator Kusuma "Deden" Bagja. (jagonya ayam)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Sean Gelael yang mengawali lomba otomotif di atas tanah dan kembali ke atas tanah saat tampil pada laga Merdeka Sprint Rally 2018 yang berlangsung di Sirkuit Paramount Land Serpong, Sabtu dan Minggu lalu.

“Jangan kasi dia menang di tanah karena dia jagoan aspal,” kata Rizal Sungkar bercanda dalam temu pers sangat akrab usai lomba Minggu, ketika mengomentari kemenangannya sebagai juara pertama , sedangkan Sean Gelael berada di urutan kedua, di kelas bergengsi M1 dengan spesifikasi mobil khusus reli.

Sean Gelael tertawa mendengar komentar Rizal  – yang beberapa kali tampil sebagai juara nasional pada laga khusus di trek tanah  –, sedangkan Sean sudah hampi tujuh tahun ini berlaga di lintasan aspal di kejuaraan karting dan Formula.

“Saya sebenarnya mengawali lomba saya di atas tanah dan hari ini kembali ke atas tanah,” ujar Sean yang pada awal mulanya berlaga di ajang olahraga otomotif bersama ayahnya saat mengikuti berbagai kejuaraan sprint rally di Indonesia.

Sean yang mengendarai Mitsubishi Evo X dan Rizal di atas Subaru WRX, berada di antara ratusan peserta kejuaraan nasional putaran ketiga dan putaran kedua daerah sprint rally yang diadakan Banteng Motorsport dan IMI di kawasan tanah kosong Paramount Land, Serpong.

Sean Gelael mengikuti lomba itu karena sedang rehat kejuaraan FIA Formula 2, setelah menyelesaikan delapan dari 12 putaran lomba di berbagai sirkuit Eropa dan akhir Agustus ini memulai lagi laga putaran kesembilan di Sirkuit Franchorchamp di Belgia.

“Jadi lomba di atas lintasan tanah tidak asing bagi saya. Tapi saya memang mengakui kehebatan Rizal dan saya ucapkan selamat atas kemenangannya,” kata Sean yang didukung tim Banteng Jagonya Ayam, usai berlomba di lintasan yang ditutupi gelombang debu setiap kendaraan melaluinya.

Setelah berlomba ketat dalam empat special stage (SS) pada laga Sabtu dan Minggu, Rizal keluar sebagai juara dengan keunggulan angka total 13 menit 31,3 detik, terpaut hanya dua detik dengan Sean.

Di antara peserta lomba itu terdapat beberapa pereli kondang di antaranya Arief Indiarto, Erwin Mancha, Donny SQ, Benni Lautan, Ryan Nirwan dan beberapa lainnya.

Sedangkan Ketua Umum PP IMI Sadikin Aksa dan Sekjen Jeffrey JP serta Hervian Soejono dari bidang reli IMI, hadir memberikan dukungan semangat kepada para peserta lomba.  Juara reli nasional dan penyandang Piala Presiden delapan kali di era tahun 70-80an Beng Soeswanto hadir mengurus mobil Ricardo dan Sean.

Dedengkot olahraga otomotif Ricardo Gelael didampingi navigator Chepot Hanni Wiano juga tampil pada laga hari pertama sedangkan pada hari kedua Ricardo digantikan Chepot dengan pendamping navigator Faryd Sungkar.

“Biar Chepot saja yang tampil di SS3 dan 4. Kita tampil ini untuk membangkitkan semangat para pereli muda. Sedangkan bagi Sean untuk mengisi lowong lombanya di F2,” kata Ricardo, juara nasional speed rally pada 2006.

Sean Gelael (dua dari kiri) dalam jumpa pers Merdeka Sprint Rally 2018 di Serpong, didampingi Rifat Sungkar, Bimo dan tokoh dari Bank DKI. (jagonya ayam)

Pada temu pers,  mantan juara nasional tujuh kali Rifat Sungkar (abang Rizal) yang kini sebagai pengurus IMI Pusat bidang reli, menyatakan amat senang karena banyaknya peminat reli yang mengikuti acara itu dan ia bangga dengan Banteng Motorsport sebagai penyelenggara serta Bank DKI sebagai sponsor.

“Saya melihat adanya kemajuan olahraga Indonesia khususnya di bidang reli mobil. Saya berharap dunia reli mobil ini kembali ke puncaknya seperti yang terjadi beberapa dekade lalu. Saya juga senang dengan kiprah Banteng motorsport dan Bank DKI yang begitu hebat membantu acara ini,” kata Rizal, putera mantara promotor kondang olahraga otomotif Helmy Sungkar yang saat ini sedang mengalami sakit.

Sean Gelael lagi melaju di Sirkuit Paramount Land, Serpong, Jawa Barat, Minggu. (jagonya ayam)

Tokoh yang mewakili Bank DKI yang hadir dalam temu pers, juga menyatakan akan berusaha tampil terus sebagai sponsor demi membangun kembali dunia otomotif di Tanah Air. Sedangkan Bimo Pradikto ketua Banteng Motorsport dan juga ketua harian IMI DKI yang mendukung kejurda lomba, serta ikut juga berlomba, menyatakan hal senada.

“Kami akan berusaha terus membantu jalannya lomba selama setahun ini,” kata Bimo, putra ketua DPRD DKI Prasetyo Edi M, yang juga ikut berlomba.

Bimo juga ketua harian IMI DKI dan ketua Banteng Motor Sport (BMS). yang mendukung pelaksanaan laga putaran kejurda sprint rally DKI pada tahun ini.  (ar loebis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru