Thursday, December 12, 2019
Home > Olahraga > Sean Gelael 19 Tahun Oleh A.R. Loebis

Sean Gelael 19 Tahun Oleh A.R. Loebis

Sean Gelael, tumbuh menjadi pebalap handal Indonesia. (seangp.com)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Dari hobi menjadi profesi. Itulah yang dialami Sean Gelael, yang perjalanan hidupnya membentuk jiwa dan karakternya menjadi seorang pebalap, yang kini dikenal di mancanegara. 

Ia mengenal dunia balap sejak berusia delapan tahun dan setelah malang-melintang selama bertahun-tahun, kini ia sudah menyelesaikan berbagai jenis lomba “single-seater” dan terakhir di ajang lomba Formula Renault 3.5 2015.

Pada awal November ia berulang tahun yang ke-19 dan berikut ini saya “up-date” sebagian tulisan saya ketika ia berusia 18 tahun.

Pada 1 November 1996, Rini S Bono menjalani operasi Caesar di rumah sakit bersalin Puri Cinere di Jakarta Selatan dan akhirnya lahirlah ke dunia ini bayi yang diberi nama Muhammad Sean Ricardo Gelael.

Sean membuka matanya di alam dunia ini, saat orang-orang baru keluar dari masjid melakukan ibadah solat Jumat.

Bayi itu lahir dengan bobot mencapai 4,1 kg dan panjangnya 41 cm. Ibunda Rini menyusukan sendiri (ASI) Sean dan sebulan kemudian bobot si bayi naik cepat mencapai 5,2 kg dan penjangnya 60 cm.

Doa Ibu Rini Gelael tak pernah putus bagi putra tercinta. (seangp.com)
Doa Ibu Rini Gelael tak pernah putus bagi putra tercinta. (seangp.com)

Pada hari ke-40 kelahirannya, diadakan acara “selapanan” atau “kekah” dan ayahnya Ricardo Gelael memotong rambut putra yang diidamkan dan didambakan itu.

Perjalanan hidup pun mulai tertoreh dalam catatan sejarah, sampai akhirnya pada 1 November 2015, Sean yang meniti dan mengukir kiprah hidupnya sebagai pebalap nasional, tidak terasa sudah berusia 19 tahun.

Pepatah mengatakan, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Sang ayah, Ricardo Gelael, yang hobi olahraga otomotif – bahkan sebagai juara reli mobil nasional pada 2006 – menurunkan bakatnya kepada putra semata wayang, yang kini tingginya 180-an cm dan ukuran sepatunya sudah bernomor 44 itu.

Kini Sean Gelael sudah berusia 19 tahun tepatnya pada 1 November 2015. Ia sudah menjalani lomba satu musim di Formula Renault 3.5, dua tahun perlombaan di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa, setelah sebelumnya ajeg berlomba mulai dari karting nasional, Asia dan Eropa, hingga Formula Pilota dan Formula 3 Inggris.

Berbicara tentang ulang tahun, selayaknya kita melakukan refleksi dan introspeksi sekaligus melakukan kilas balik dari perjalanan hidup. Dan, kenangan masa kecil merupakan sesuatu yang indah dan tidak akan terlupakan.

Ketika Sean berusia 10 tahun, ibundanya, RA Sri Sudarini yang mantan artis itu, mengatakan ia tidak putus berdoa meminta kepada Tuhan agar melindungi puteranya selama ia mengikuti perlombaan reli mobil di tengah perkebunan di kawasan Sumatera Utara.

“Ya Allah, ia baru berusia 10 tahun tapi ia sudah mengerjakan hal yang dilakukan orang dewasa. Lindungilah ia dan semoga ia berhasil dalam menekuni hobi yang menurun dari ayahnya itu,” kata Rini Gelael.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru