Monday, September 23, 2019
Home > Olahraga > Sean Frustrasi di Silverstone

Sean Frustrasi di Silverstone

MIMBAR-RAKYAT.com (Silverstone) – Inilah salah satu drama yang terjadi dalam perlombaan otomotif! Sean Gelael merasa kecewa besar karena keuletannya dalam test pra-lomba tidak terejawentahkan saat berlomba pada putaran pertama Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa yang berlangsung di Silverstone, akhir minggu ini.

Tapi ada hal positif yang digali Sean pada lomba di cuaca dingin di Inggris, ketika pebalap dari Tim Jagonya Ayam with Carlin Dallara-Volkswagen itu mampu bersaing untuk berada di urutan ke-15 pada Race 1 dan tampil tercepat dalam beberapa lap dibanding beberapa pebalap pada urutan 10 besar Race 3.

Tapi amat disayangkan, kendaraannya mengalami masalah sehingga ia tidak dapat menampilkan kepiawaiannya secara utuh, karena adanya masalah pada mobilnya sehingga ia dipastikan kandas sebelum berlaga pada Race 3.

Pebalap berusia 17 tahun itu berada pada posisi grid 20 untuk balapan Sabtu dan Minggu, karena babak kualifikasi Jumat berlangsung tidak seperti yang direncanakan. “Ban mobil berbeda tahun ini,” kata Sean melalui surat elektronik, Senini, “Dan saya agak telat untuk beradaptasi dengan karakternya pada babak kualifikasi, sehingga tidak mendapat waktu bagus. Ketika saya melakukan itu, lawan saya berada pada puncak penampilannya.”

“Saya membuat laju tercepat pada lap keenam dan ketujuh dan itu tidak ideal, karena dibutuhkan waktu terbaik dalam tiga lap ketika ban masih baru,” kata Sean.

Pada Race 1, Sean tampil menawan dalam usahanya membuat jarak dengan lawan ketika mobil masih berdesakan pada awal lomba, sampai akhirnya berhasil berada di urutan ke-14 pada lap ketiga.

Ia berjuang berat sepanjang lomba untuk berada di urutan perolehan poin akhir – urutan ke-10 – tetapi pebalap Australia Mitch Gilbert yang ada di depannya bertahan kuat sehingga Sean tidak berhasil melewatinya. Ia malah kehilangan satu posisi saat pebalap Australia lainnya, Spike Goddard, melewatinya sehingga Sean berada di urutan ke-15 saat bendera finis dikebutkan.

“Saya lebih cepat dari Mitch tetapi ia amat bagus bertahan,” kata Sean, “Saya berusaha menyalibnya beberapa kali tetapi ia membuat saya mengurungkan niat dan pada akhir lomba Spike melewati saya.”

Race 2 diawali Sean mengalami masalah ketika masih di posisi grid, sehingga ia terlambat mengawali permainan, tapi ia masih sanggup menempatkan diri di urutan ke-20 dari 26 peserta yang mengikuti kejuaraan itu.

“Saya mengalami beberapa masalah dengan rem dan kopling,” katanya, “Jadi saya telat melaju saat lampu sudah padam. Tetapi kekencangan kendaraan tidak buruk.”

Masalah terjadi lagi pada awal Race 3 bahkan sebelum melakukan lap formasi, ketika sistem transmisi gigi cadangan dipasang menggantikan yang pertama. Para mekanik melakukan pekerjaan luar biasa untuk mengatasi hal itu, tetapi Sean terlambat dua putaran untuk mengejar para pesaingnya.

Dalam laju cukup tinggi di Sirkuit Silverstone itu, Sean memperagakan kehebatnnya dalam membuat jarak, sehingga kelihatannya ia sudah dalam level permainan yang pantas untuk mendapatkan poin.

“Mereka bekerja amat cepat, tetapi kami kini harus bekerja lebih keras untuk mencari tahu mengapa hal yang menimpa kendaraan saya sampai terjadi,” kata Sean.

“Bila saya mengawali lomba seperti seharusnya saya lakukan, dengan ban baru, seharusnya dapat berada dalam 12 besar, tidak masalah. Hal terbaik, kami selalu menunjukkan kemajuan,” katanya.

Tim Jagonya Ayam with Carlin mengawali lomba putaran pertama musim 2014 ini dengan fantastis, ketika Tom Blomqvist memenangi Race 1 di Silverstone, setelah terus memimpin sejak dari posisi start (pole). Ia kemudian berada di urutan keempat dan keenam pada dua race berikutnya.

Antonio Giovinazzi pun berjuang keras mulai dari babak penyisihan dan mendapat poin dalam dua race, – urutan kedelapan pada Race 2 dan kemudian memperbaikinya menjadi urutan kelima pada Race 3. (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru