Monday, October 14, 2019
Home > Olahraga > Sean Fokus dan Target 5 Besar Formula Renault

Sean Fokus dan Target 5 Besar Formula Renault

Sean Gelael Jumpa Pers

Sean Gelael Jumpa Pers

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Setelah menjalani serangkaian test pra lomba 2015, Sean Gelael (18) selanjutnya akan melakoni acara amat padat, karena akan memulai lomba sebanyak sembilan putaran pada Kejuaraan Formula Renault 3.5, mulai 25-26 April, namun ia menyatakan akan fokus bahkan target lima besar dalam kejuaraan itu. 

Di antara lomba WSR F Renault 3.5 itu, Sean pun akan terjun pada satu Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa di Spielberg Red Bull Ring di Austria pada 1-2 Agustus.

Kemudian ia pun untuk pertama kalinya akan muncul pada perlombaan Kejuaraan GP2, di Spa Franchorchamps, Belgia pada 22-23 Agustus dan di Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 28-29 November, kemudian ditutup dengan lomba Macau GP di Sirkuit Guia, 12-15 November.

“Jadwal perlombaan mulai April ini memang amat padat, tetapi saya tentu saja fokus pada perlombaan utama, Formula Renault 3.5. Saya pun menargetkan masuk lima besar tahun ini,” kata Sean dalam perbincangan dengan media di Jakarta, Kamis petang.

“Kami akan mengikuti seluruh seri Formula Renault yang diperlombakan. Sebagai pendatang baru dikejuaraan ini, saya dan rekan satu tim Tom Dillmann (Prancis) dari Tim Jagonya Ayam, akan berjuang maksimal untuk mendapatkan hasil terbaik,” kata Sean.

Pada 5-6 Maret lalu, Sean mengikuti latihan resmi pertama Formula Renault 3.5 dan dari empat sesi ia tampil sebagai pebalap tercepat ketiga pada sesi akhir. Sementara pada latihan 30 Maret, Sean sempat melejit ke urutan kedua, kendati akhirnya melorot ke tangga ke-15 karena masalah teknis.

Sean menyatakan harus lebih banyak lagi berada di dalam mobil barunya, untuk mendapatkan “irama” atas karakter kendaraan dengan kekuatan 530 Bhp dengan casis Dallara dan bermesin ngik

“Masih ada waktu beberapa minggu, saya harus mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum pertarungan dimulai. Oleh karena itu saya akan fokus mempersiapkan diri semaksimal mungkin,” ungkap putra mantan juara reli nasional Ricardo Gelael itu.

Sean Gelael bersama Tim Jagonya Ayam sebelumnya berniat mengikuti empat putaran Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa, namun ketika menjalani test pada 17-18 Maret di Valencia, Spanyol, Sean merasa merasa amat banyak perbedaan antara mengemudi F3 dan Formula Renault.

“Perbedaan terbesar  terletak pada sistem pengereman, terutama saat memasuki tikungan. Sulit bagi saya untuk menikung dengan cepat, padahal ini amat penting dalam balapan,” kata Sean, yang mengaku sudah terbiasa dengan kendaraan besar Formula Renault 3.5 dan tidak mudah baginya untuk kembali beradaptasi mengikuti “irama” Formula 3.

Karena itu, tim Jagonya Ayam mengurangi lomba mereka di jenis Formula 3, tapi tim Jagonya Ayam with Carlin  tetap mendukung rekannya Antonio Giovinazzi (Italia), yang tahun ini menjadi salah satu unggulan dalam kejuaraan FIA F3 Eropa.

Menurut Ricardo Gelael, ini pulah yang menyebabkan Sean mengikuti dua putaran Kejuaraan GP2 pada tahun ini.

“Mobil Formula Renault dan GP2 sama-sama besar, kendati karakternya berbeda. Tapi sistem pengeremannya berbeda dan Sean harus membiasakan itu. Ada beberapa hal penting pada Formula Renault yang tidak diperoleh dalam lomba F3 yang mesinnya lebih kecil dan dengan jenis rem berbeda,” kata Ricardo.  (arl)

Berikut jadwal Formula Renault 3.5 musim 2015:

25-26 April 2015, Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol
24 Mei 2015, Sirkuit Monaco, Monako
30-31 Mei 2015, Circuit de Spa Francorchamps, Belgia
13-14 Juni 2015, Sirkuit Hungaroring, Hungaria
11-12 Juli 2015, Sirkuit Red Bull Ring, Austria
5-6 September 2015, Sirkuit Silverstone, Inggris
12-13 September 2015, Sirkuit Nuerbugring, Jerman
26-27 September 2015, Sirkuit Le Mans, Prancis
17-18 Oktober 2015, Sirkuit Jerez, Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru