Friday, November 22, 2019
Home > Olahraga > Sean Beri Sinyal Kuat dari Hungaroring

Sean Beri Sinyal Kuat dari Hungaroring

MIMBAR-RAKYAT.com (Budapes) – Sean Gelael memberi sinyal akan tampil sebagai penantang kuat dalam Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa ketika memperagakan kepiawaiannya dalam sesi test resmi pertama pra-musim 2014 di Sirkuit Hungaroring, Hongaria, Jumat dan Sabtu waktu setempat.  

Pebalap yang baru beusia 17 tahun itu mengendarai mobil Jagonya Ayam with Carlin Dallara-Volkswagen ke posisi 12 dari 28 kendaraan yang melakukan test selama dua hari itu. 

Dengan berkelanjutan berada di urutan 10 besar pada catatan waktu di tiap race – membuktikan ia akan mampu mengatasi hebatnya persaingan dalam perlombaan sesungguhnya di Silverstone dua minggu lagi. 

Sean menunjukkan kemajuan besar sementara tim bekerja keras menangani mobil F3 dengan karekteristik baru, yang kini lebih memiliki daya tinggi pada mesinnya, sistem elektronik berbeda, gaya pergantian sistem transmisi mengacu pada F1, serta perbaikan pada ban Hankook. 

Tim Jagonya Ayam with Carlin menggunakan satu dari enam “pencoba” mereka untuk menggenjot kendaran itu di Pembrey, Wales, sebelum berangkat ke Hungaroring, yang merupakan tuan rumah lomba F1 Hungarian Grand Prix. 

“Semuanya berlangsung dengan baik,” kata Gelael dengan gembira, “Ini merupakan kiprah saya pertama di Hungaroring, dan test resmi pertama tim saya. Anda bisa melihat perbandingannya dengan tahun lalu – kerja anggota tim luar biasa. Saya banyak belajar dalam dua hari ini.”

“Mereka menambah beberapa jam ekstra untuk membuat letak duduk saya semakin nyaman dan ini menumbuhkan rasa percaya diri besar pada saya. Mereka melakukan segalanya demi mengoptimalkan kecepatan saya pada test ini,” kata pemuda yang mulai tahun ini akan kuliah di Inggris.

“Test hari pertama berlangsung baagus dan pagi hari kedua sedikit mengecewakan saat saya melaju menggunakan ban baru. Mungkin karena tengah hari sehingga kondisi lintasan sedikit panas. Tidak mungkin untuk menambah laju, karena tidak bagus pada sistem kerja mesin dan rem. Kami melakukan banyak pengembangan pada mobil dan kendaraan terasa semakin baik,” katanya.

Kini tim itu memiliki waktu istirahat dua hari sebelum melakukan test resmi kedua Selasa dan Rabu depan di Red Bull Ring di Austria. Karakteristik sirkuit di Red Bull Ring amat berbeda dengan di Hungaroring, yang lintasannya panjang, tikungan dengan kecepatan sedang. Red Bull Ring menyuguhkan lintasan lurus panjang serta tikungan sempit.

“Rasanya sukar bagi saya di Hungaroring,” tambah Sean, “Karena modifikasi baru kendaraan, sehingga ‘steering wheel’ lebih besar dan karena tubuh saya tinggi rasanya ruang gerak saya berkurang, juga karena banyaknya pergantian arah. Saya harus meyesuaikan diri. Saya gembira dan fokus menghadapi test di Red Bull Rings,” katanya.

Sementara rekan setimnya dari Jagonya Ayam with Carlin, pebalap Italia Antonio Giovinazzi membuat waktu terbaik kedua pada sesi pertama Jumat petang dan yang kedua lagi pada sesi pagi Sabtu.

Pebalap Inggris, Tom Blomqvist, juga melakukan kemajuan amat bagus dan tampil tercepat sesi latihan Sabtu petang. (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru