Friday, October 18, 2019
Home > Berita > Saudi: Tak Ada Negosiasi Terkait Tuntutan Kepada Qatar

Saudi: Tak Ada Negosiasi Terkait Tuntutan Kepada Qatar

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir.(Foto: Arab News)

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir.(Foto: Arab News)

Mimbar-Rakyat.com (Washington) – Arab Saudi tidak akan mengubah tuntutan yang diajukan ke Qatar, yakni agar menghentikan dukungan terhadap teroris, dan tidak akan ada negosiasi. Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir.

Menurut laporan Al-Ekhbariya TV seperti dikutip Arab News, Al-Jubeir, yang berada di Washinngton, AS, Selasa (27/6) waktu setempat atau Rabu (WIB),  menegaskan tuntutan Arab Saudi itu telah disampaikan kepada Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, yang coba membantu penyelesaian krisis di wilayah Teluk.

“Tuntutan kami kepada Qatar tidak berubah. Sekarang terserah pada Qatar untuk mengakhiri dukungan bagi  terorisme dan ekstremisme, “kata Jubeir via Twitter.

Riyadh telah memberikan 13 tuntutan terhadap Qatar termasuk penutupan Al-Jazeera, dan mempertimbangkan kembali hubungan diplomatik dengan Iran.

Tak lama setelah Jubeir memberikan keterangan, Tillerson bertemu dengan diplomat top Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. Kemudian bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Sabah Khaled Al-Sabah, yang juga berusaha kerja keras membantu menyelesaikan krisis di negara-negara Teluk tersebut.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert, mengatakan, pembicaraan akan terus dilakukan. Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir, sejak 5 Juni lalu memutuskan semua hubungan dengan Qatar yang dituduh  mendukung kelompok ekstrimis, meski Doha menyangkal klaim tersebut.

Negara-negara itu juga telah menutup wilayah udara bagi Qatar dan hanya perbatasan darat Emirat, rute penting bagi impor makanan, yang masih dibuka.

Qatar adalah rumah bagi pangkalan AS terbesar di kawasan Teluk, Al-Udeid. Sedang Bahrain adalah rumah bagi Angkatan Laut AS Armada Kelima.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru