Saturday, July 20, 2019
Home > Berita > Safari Ramadan KJRI Melbourne ke Masjid AIDA bersama tamu pemerintah

Safari Ramadan KJRI Melbourne ke Masjid AIDA bersama tamu pemerintah

Foto bersama pada acara buka puasa bersama di Masjid AIDA Victoria, Jumat malam. (za)

MIMBAR-RAKYAT.com (Melbourne) – KJRI Melbourne dalam melakoni program Safari Ramadhan 1440 H ke berbagai kumunitas Indonesia di negara bagian Victoria,  Jumat malam berkunjung ke Masjid AIDA bersama tamu pemerintah setempat.

Acting Konjen RI Melbourne Zaenal Arifin, Ph.D, hadir dalam acara berbuka bersama masyarakat Indonesia di Masjid Association of Islamic Dakwah Australia (AIDA) Victoria, Australia.

Kegiatan itu dihadiri juga oleh tamu undangan sebagai perwakilan dari pemerintah dan komunitas setempat seperti polisi Victoria, Hobsons-Bay Council, dan lembaga Interfaith.

Begitu azan berkumandang, masyarakat langsung menyerbu takjil hidangan pembuka puasa, terutama anak-anak yang dengan riangnya berbuka puasa. Tak ketinggalan pak Polisi Victoria, anggota Council bersama undangan lainnya, ikut mengantri menikmati hidangan yang ada.

Menyelingi acara buka puasa bersama itu, ada pula beberapa pertunjukan, di antaranya pagelaran pencak silat disertai tabuhan gendang, yang cukup memukau bagi hadirin.

Suasana acara buka puasa bersaa di Masjid AIDA, victoria, dihadiri Acting Konjen Zaenal Arifin. (za)

Di awal acara, wakil ketua AIDA, Agung, menjelaskan makna kegiatan bulan Ramadan bagi umat Muslim, khususnya di kalangan masyarakat Indonesia.

Salah seorang tamu undangan mengatakan, ia amat terkesan dengan acara buka bersama itu, karena menunjukkan semangat persatuan dan kebersamaan antarsesama yang hadir.

“Saya suka dengan acara iftar ini karena bermakna besarnya semangat berbagi dan rasa kebersamaan,” kata seorang tamu undangan, yang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk keharmonisan masyarakat muslim Indonesia dengan masyarakat setempat.

“Sebagai perwakilan Pemerintah RI, saya senang sekali hadir di tengah masyarakat Indonesia yang sedang melaksanakan kegiatan Ramadan berupa buka bersama hingga sholat tarawih sehingga bisa bersilaturahim langsung di tempat-tempat komunitas berada, “ kata Zaenal.

Zaenal berterima kasih kepada komunitas AIDA yang telah berbaur secara positif dengan masyarakat lokal termasuk dengan unsur pemerintahannya.

Ia mengajak agar sebagai bagian dari penduduk Victoria, AIDA dapat berkontribusi pada multikulturalisme di Melbourne dan sekitarnya.

Acara buka puasa bersama di Masjid AIDA. (za)

Kepada pihak pemerintah setempat,  Zaenal juga meminta kerjasama yang baik karena komunitas memerlukan panduan dan bantuan dalam kegiatan sehari-hari sesuai dengan hukum yang berlaku di Australia.

Dengan penuh semangat namun hidmat, hadirin melanjutkan kegiatan hingga shalat Tarawih, dipimpin imam, Utomo.

Sebelumnya, KJRI Melbourne menyelenggarakan acara buka puasa bersama komunitas muslim Melbourne di kantor KJRI pada Jumat 10 Mei 2019.

AIDA yang beralamat di ‪43 Chambers Rd Altona North VIC 3025 merupakan organisasi masyarakat khususnya komunitas Indonesia di Victoria, bertujuan untuk mewadahi pembinaan umat Islam dalam mengkaji dan mengamalkan Al Quran dan Al Hadits.  (ar. loebis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru