Tuesday, August 21, 2018
Home > Berita > Sabtu ini simulai perjalanan 150 bus dari wisma atlet Kemayoran ke GBK

Sabtu ini simulai perjalanan 150 bus dari wisma atlet Kemayoran ke GBK

Ilustrasi - Bus Asian Games 2018. (metrotv)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Sabtu petang dilakukan simulasi melibatkan 150 bus untuk menjalani rute dari Wisma Atlet Kemayoran ke kawan  Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan sebaliknya.

“Kegiatan simulasi parade atlet dari Wisma Atlet Kemayoran menuju GBK Senayan melibatkan 150 bus dibagi beberapa rangkaian, dilaksanakan Sabtu 4 Agustus 2018 pukul 16.00 WIB,” demikian akun Twitter Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat pengguna jalan agar menghindari jalur utama yang akan digunakan oleh iring-iringan bus tersebut.

“Pengguna jalan agar menggunakan jalur alternatif lain,” bunyi peringatan di akun tersebut.

Sebelumnya, pada 1 Agustus 2018, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melaksanakan simulasi serupa.

Ketika itu dilibatkan enam bus Transjakarta yang dibagi dalam dua jurusan, yakni Gelora Bung Karno (GBK) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang menyusuri jalur yang telah disterilkan petugas.

Ada 19 pintu tol yang ditutup dalam simulasi sebelumnya untuk jalur pergi: Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp RS Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati dan TMII. Lalu untuk jalur pulang Gedong Panjang 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas serta TMII.

Dalam keadaan seperti itu – dengan dikawal sekitar enam motor serta satu mobil Patwal dan juga petugas yang disiagakan pada jalur-jalur bercabang di dalam tol –  rombongan berhasil melaju dengan kecepatan sekitar 80-100 km/jam dan sampai di lokasi rata-rata di bawah 30 menit.

Kendati demikian, untuk simulasi yang akan dilaksanakan Sabtu, belum ada info lebih lanjut apakah akan menggunakan skema yang sama atau yang lainnya, seperti hasil evaluasi Ditlantas yang ingin mengurangi jumlah penutupan pintu tol dari rencana awal 19 pintu tol.

Asian Games ke-18 akan dibuka pada 18 Agustus 2018 dan berakhir 2 September 2018 dan Indonesia menargetkan masuk urutan 10 besar.  (An/Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru