Thursday, November 14, 2019
Home > Berita > Rudal Korea Utara Gagal Ditembakkan

Rudal Korea Utara Gagal Ditembakkan

Nuklir Korea Utara

Nuklir Korea Utara

MIMBAR-RAKYAT.com (Seoul) – Korea Utara (Korut) melakukan uji coba penembakan rudal untuk menandai ulang tahun pendiri negara itu, Kim Il-sung, tetapi rudal tersebut gagal meluncur.

Sejumlah media Korea Selatan, Jumat (15/4), melaporkan, penembakan rudal bersamaam dengan hari ulang tahun Kim Il-sung yang memimpin Negara itu sejak 1948 hingga kematiannya 8 Juli 1994. Namun aksi unjuk kekuatan pada hari ulang tahun politikus berhaluan komunis itu gagal.

Korea Utara dikabarkan rutin membangun rudal dengan target mengancam menyerang Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS). Namun ancaman mereka dinilai pihak AS tidak begitu membahayakan, termasuk rudal jarak balistik yang diluncurkan dari lepas pantai timur negara itu, Jumat (15/4). Menurut kata kantor berita Korea Selatan, Yonhap, peluncuran justru gagal.

Militer AS mendeteksi peluncuran rudal terjadi Jumat pada 05:33 waktu Korea, atau 20: 33GMT (Kamis). Rudal tidak menimbulkan ancaman bagi Amerika Utara.

“Kami menelepon lagi Korea Utara agar menahan diri dari tindakan dan retorika yang lebih meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut dan berfokus pada mengambil langkah-langkah konkrit ke arah pemenuhan komitmen dan kewajiban internasional,” kata salah satu pejabat militer AS.

Beberapa analis mengatakan, Korea Utara mencoba membangun rudal balistik antarbenua yang dirancang dapat menjangkau daratan Amerika Serikat. Namun intelijen AS mengatakan kemampuan Korea Utara untuk mencapai Amerika Serikat rendah.(eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru