Wednesday, January 22, 2020
Home > Berita > Road to HPN 2017: Peran Pers dan Revitalisasi Kekuatan Maritim di Provinsi Maluku

Road to HPN 2017: Peran Pers dan Revitalisasi Kekuatan Maritim di Provinsi Maluku

HPN 2017 di Maluku. (cekricek)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Menjelang berlangsungnya perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2017, diadakan seminar dengan tema Peran Pers dan Revitalisasi Kekuatan Maritim di Provinsi Maluku, di Singosari Hall Hotel Borobudur Jakarta, Kamis.

“Tujuan seminar, untuk peningkatan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur dengan memprioritaskan pembangunan bandara, yang dapat mengembangkan sentra ekspor perikanan dan kelautandi Provinsi Maluku,” kata Penanggung Jawab HPN 2017, H Margiono, Selasa.

Selain itu, tambahnya, guna peningkatan potensi migas dalam  pemberian manfaat bagi pemerintah daerah dan pemerintah pusat serta peningkatkan dan mengembangkan aktivitas perekonomian pada sektor maritim di wilayah Maluku.

Ketua Panitia HPN 2017, Muhammad Ihsan, menjelaskan,  dalam seminar sehari yang berlangsung Kamis 22/9/2016 mulai pukul 09.00 WIB, akan tampil sebagai pembicara kunci Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya RI Luhut B. Pandjaitan.

Kemudian dilanjutkan seminar sesi I dengan topik Membangun Infrastruktur dan Perhubungan serta Finansial untuk Mendukung Industri Berbasis Maritim, dengan pembicara Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan Indonesia), dilanjutkan Muliaman Hadad (Ketua OJK), Arif Wibowo (Direktur Utama Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dan Doso Agung (Dirut PT Pelindo IV).

Pada sesi II, lanjut Ihsan, dengan topik Pengembangan SDM bagi Sektor Perikanan dan Kelautan di Maluku, tampil sebagai pembicara Muhammad Nasir (Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI), Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan RI) dan Said Assagaff  (Gubernur Provinsi Maluku).

Pada sesi III, topik Manfaat Blok Masela bagi Rakyat Maluku, akan berbicara Archandra Tahar (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI), Presdir Inpex, Presdir Shell dan Riza Maspaitela.

“Para peserta seminar adalah personil dari Pemerintah daerah Provinsi Maluku, pakar ekonomi, infrastruktur hingga pakar energy, masyarakat umum dan wartawan,” kata Ihsan.

Peluncuran HPN 2017 yang berlangsung 9 Februari di Ambon, untuk tingkat nasional dilakukan pada 23 Juli 2016 di Stasiun TVRI, Jakarta.

Peluncuran dihadiri Gubernur Maluku Said Assegaf dan Penanggung Jawab HPN Margiono, serta tokoh pers nasional dan tokoh masyarakat Maluku.

Sementara peluncuran HPN 2017 di tingkat daerah dilakukan bersamaan dengan Pesta Teluk Ambon ke-11 di lapangan Polda Maluku, di Tantui, Ambon, Kamis.  (8/9/2016).  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru