Sunday, December 15, 2019
Home > Berita > Menpora Berharap Rio Haryanto Lebih Baik di Bahrain

Menpora Berharap Rio Haryanto Lebih Baik di Bahrain

Rio Haryanto dan Menpora Imam Nahrawi. (antara)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Rio Haryanto belum mampu menyelesaikan perlombaan dan itu tidak jadi masalah, karena berhentinya pemuda asal Solo itu pada laga perdana F1 di Melbourne akibat adanya gangguan teknis pada MRT05 yang dikendarainya.

“Tidak masalah, kita tunggu penampilannya pada laga berikutnya di Bahrain, semoga ia lebih baik,” kata Menpora Iman Nahrawi memberi semangat kepada Rio Haryanto usai melakukan debutnya di Melbourne, Minggu.

“Ia berhenti karena masalah teknis pada kendaraannya, dan ini murni masalah teknis di luar kemampuan Rio. Hal terpenting saat ini Rio sudah memulai. Seri pertama ini menjadi pengalaman bagi Rio untuk meraih hasil lebih baik di seri balapan berikutnya,” kata Menpora Imam Nahrawi.

Imam mengapresiasi debut Rio Haryanto di Formula 1 (F1) meski dalam balapan di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu, harus terhenti di lap 19 karena kerusakan mesin.

“Ini adalah sejarah bagi Rio maupun Indonesia. Saya melihat penampilan Rio sudah menunjukkan kemajuan luar biasa dibanding pembalap lain yang sudah lebih dulu merasakan balapan F1,” kata Imam Nahrawi dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Minggu.

Demi memberikan dukungan langsung kepada Rio yang memperkuat tim Manor Racing itu, pria yang akrab dipanggil Cak Imam tersebut datang langsung ke Sirkuit Albert Park. Bahkan, ia sudah hadir di Australia sejak babak kualifikasi.

Seri pertama kejuaraan F1 di Australia itu cukup fenomenal. Selain debut Rio yang menjadi orang Indonesia, bahkan Asia, yang bisa tampil di ajang tersebut juga terjadi insiden yang membuat balapan sempat dihentikan.

Pasalnya, mobil Fernando Alonso sempat menabrak roda kendaraan Esteban Gutierrez. Bahkan, Alonso bersama mobilnya terpental melayang ke luar jalur lomba, walaupun selamat dari peristiwa itu.

Balapan pembuka musim ini juga membuat salah satu andalan Ferrari, yaitu Kimi Raikkonen harus meninggalkan perlombaan karena mengalami kerusakan mobilnya.

Meski sempat terjadi insiden, balapan tetap dilanjutkan, dan akhirnya menempatkan pebalap Tim Mercedez, Nico Rosberg, sebagai juara disusul rekan satu timnya Lewis Hamilton. Posisi tiga diduduki pebalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel.

Setelah menyelesaikan seri Melbourne, sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan menjalani seri kedua di Bahrain, 3 April 2016.

Rio Haryanto diharapkan mampu memberikan yang terbaik. Apalagi, di Bahrain anak pasangan Sinyo Haryanto-Indah Pennywati mempunyai pengalaman yang cukup bagus saat masih menjadi pebalap Formula 2 (F2).  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru