Monday, October 21, 2019
Home > Berita > Rio Haryanto Start dari Posisi 19

Rio Haryanto Start dari Posisi 19

Rio Haryanto.

MIMBAR-RAKYAT.com (Spielberg) – Pebalap nasional tim Manor Racing Rio Haryanto akan memulai start dari posisi ke-19 dalam balap kesembilan Formula 1 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu waktu setempat.

“Pertama-tama, pekerjaan yang luar biasa dari seluruh anggota tim untuk membawa kami ke kualifikasi kedua,” kata Rio Haryanto seperti yang disampaikan Media Relations Cep Goldia dalam surat elektroniknya kepada media,  Minggu.

Posisi start ke-19 dicapai pebalap asal Solo, Jateng, tersebut setelah pada babak kualifikasi yang dimainkan di tempat yang sama pada Sabtu (2/7) waktu setempat berhasil menempati posisi ke-19 dengan catatan waktu 1 menit 8,026 detik.

Pebalap berusia 23 tahun tersebut mengakui ada yang disayangkan dalam babak kualifikasi ini karena tidak memiliki kesempatan untuk memperbaiki “lap time pada akhir kualifikasi pertama.

“Sayang sekali saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki lap time saya di akhir Q1, karena tentu ada lebih banyak potensi dari mobil. Saya tidak mendapatkan lintasan yang kosong di stint kedua jadi saya mencatatkan lap time di stint ketiga setelah bendera merah, tapi kemudian bendera kuning keluar dan kami harus membatalkan lap,” katanya seperti dilansir antaranews.

Rio Haryanto berharap pada “race” kesembilan bisa berharap bisa lebih baik lagi.

“Kami tentu telah banyak berusaha menuju balapan ini jadi kecepatan kualifikasi kami adalah kejutan yang menyenangkan, tapi saya pikir saya akan lebih nyaman dengan mobil dalam modus balapan. Kami secara bertahap membuat langkah yang baik dengan meningkatkan performa mobil dan saya pikir kami bisa memiliki balapan yang baik besok,” katanya.

Sementara itu rekan satu timnya, pebalap asal Jerman Pascal Wehrlein bakal memulai star pada posisi ke-12 karena pada babak kualifikasi yang bersangkutan mampu menempati posisi tersebut dengan catatan waktu 1 menit 7,7 detik

“Perasaan yang luar biasa bagi saya dan seluruh tim. Saya merasa sangat bangga atas diri kami hari ini dan ini adalah ukuran dari seberapa keras kami semua telah bekerja dan hasil yang bagus untuk usaha itu,” katanya.

Pascal sempat membuat hasil yang bagus pada kualifikasi pertama. “Pertama-tama, lap saya di Q1 sangat bagus. Itu adalah kualifikasi yang hampir sempurna. Strategi yang baik sekali,” katanya.

“Kami selalu menjadi salah satu mobil pertama yang turun ke lintasan dan semuanya berjalan lancar di Q1, meskipun ada bendera merah dan bendera kuning yang mengganggu ritme kami. Kemudian pada Q2 saya mencatatkan lap time di stint pertama saya dengan ban supersoft. Kami beralih ke ban ultrasoft tapi pada saat itu hujan datang dan tidak ada cara untuk memperbaiki catatan waktu. Saya kira mudah saja untuk berbicara, tetapi jika saja tidak ada hujan, bahkan Q3 mungkin dapat dicapai hari ini,” katanya.

Ia mengatakan, pada lomba besuk adalah cerita yang berbeda. “Kami kesulitan dengan degradasi ban dalam balapan dan kami sedikit tidak memiliki downforce belakang pada saat ini, yang memberatkan kondisi ban belakang. Prakiraan cuaca akan menjadi sedikit tak terduga, jadi mudah-mudahan dapat mengubah situasi dan membantu kami. Rencana saya adalah untuk mengemudi setiap lap secepat mungkin dan melihat di mana kami akan berada,” katanya.

Sementara itu Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan, seluruh tim boleh bangga dengan hasil yang dicapai saat ini.

“Ini adalah refleksi dari kerja keras yang besar baik di markas maupun lintasan. Pascal melaju fantastis dan sangat senang dengan lap yang sempurna – di Q1 dan Q2. Lap time Q2 Pascal lebih mengesankan karena dicatatkan dengan ban supersoft. Rio pastinya sedikit tidak beruntungan hari ini.

Rio tidak memiliki track yang kosong untuk stint kedua dan dengan adanya bendera kuning ia tidak bisa memperbaiki kesempatan ketiganya juga, tapi jelas masih banyak yang tersimpan darinya dan saya yakin ia akan sangat termotivasi untuk balapan besok,” katanya.  (AN/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru