Monday, December 16, 2019
Home > Internasional > Rio De Janeiro

Rio De Janeiro

MIMBAR RAKYAT (Rio de Janeiro) – Kota Rio de Janeiro yang enam bulan lagi akan menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Dunia FIFA 2014, menjadi “lumpuh” Rabu (11/12) karena hujan lebat berkepanjangan mengakibatkan banjir dan memicu kekacauan di beberapa permukiman. 

Hujan badai di kota itu bermula pada Selasa larut malam dan berlangsung selama 10 jam sampai Rabu menjelang siang, sehingga banjir menggenangi kota terbesar kedua di Brazil tersebut, termasuk jalan raya utamanya dan membuat warga tak bisa pergi ke tempat kerja.

Badan meteorologi mengatakan curah hujan tersebut sama dengan curah hujan bulanan pada Desember di Rio. 

Curah hujan itu telah mengganggu sistem transportasi umum di kota tersebut, membuat jalan raya utama tergenang air, listrik putus, dan sedikitnya 200 sekolah terpengaruh.

Sebagian layanan kereta dan kereta bawah dihentikan selama pagi hari, dan di beberapa daerah, warga terlihat berjalan melewati air setinggi lutut. Seorang pria memanfaatkan keadaan itu untuk naik perahu kayaknya melalui jalan yang kebanjiran, seperti diberitan media Kamis pagi.

Sejumlah penerbangan yang lepas landas dari dua bandar udara Rio de Janeiro ditunda.

Banjir di Rio de Janeiro sering terjadi tapi Walikota Rio de Janeiro Eduardo Paes mengatakan  terkejut melihat banjir di daerah pinggiran yang biasanya tidak terpengaruh dan menyarankan warga agar tinggal di rumah demi keamanan mereka. 

Tidak ada laporan mengenai korban jiwa. Sistem saluran air di beberapa sungai akan dikaji untuk memperbaiki masalah tersebut, kata Paes.

Hujan badai biasa menerjang Rio de Janeiro selama musim panas, tapi banjir di luar musim hujan tak pernah terdengar di kota itu. Pada April 2010, badai terparah dalam 46 tahun menewaskan 231 orang di Daerah Metro Rio de Janeiro dan membuat 5.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Tingginya curah hujan membuat meredup harapan menjelang Piala Dunia, yang dinantikan sebagian besar orang di dunia, sebab stadion sepak bola Maracana di Rio de Janeiro berada di daerah yang sangat rentan terhadap hujan lebat. (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru