Saturday, December 07, 2019
Home > Olahraga > Ricciardo Juara F1 Kanada GP

Ricciardo Juara F1 Kanada GP

MIMBAR-RAKYAT.com (Montreal) – Pebalap asal Australia Daniel Ricciardo merayakan kemenangan pertama di ajang Formula Satu (F1) ketika tampil tercepat pada perlombaan Kanada Grand Prix, Minggu, sehingga Red Bull kembali ke puncak klasemen sedangkan Mercedes mengalami kekalahan pertama musim ini. 

Drama perlombaan mendebarkan di Sirkuit Gilles Villeneuve diakhiri dengan iringan pebalap di depan mobil pengaman (safety car) setelah kendaraan Williams yang dipacu Felipe Massa menabrak mobil Force India yang dinaiki Sergio Perez ketika memasuki putaran akhir lomba seri keempat untuk musim ini.

Di depan mereka, Ricciardo mampu bertahan hingga bendera finis dikebutkan dan posisi kedua ditempati pimpinan klasemen Nico Rosberg yang menggentjot Mercedes dan berada pada posisi pole. Juara tahun lalu Sebastian Vettel di urutan ketiga di atas Red Bull.

“Saya masih merasa terkejut,” ungkap Ricciardo dari podium, ketika ia diwawancarai juara Kanada GP 1995, Jean Alesi, “Saya merasa sesuatu yang menakjubkan saat ini.”

Rosberg masih berada di puncak klasemen saat ini, dengan keunggulan 22 poin, setelah saingan beratnya Lewis Hamilton yang juga rekan setimnya, mundur dari arena laga karena mengalami masalah dengan kendaraannya.

Kedua pebalap itu bersaing amat ketat, berdampingan dan bahkan kendaraan mereka bersentuhan pada tikungan tusuk konde di putaran ke-46, seb elum juara 2008 Hampilton mengalami nasih siap karena terjadi kerusakan pada mobilnya.

Rosberg, yang dilaporkan mengalami masalah pada unit daya (power unit) mobilnya pada pertengahan balapan, mengendor lajunya sehingga Ricciardo menyalibnya pada sisa dua putaran lagi.

“Anak muda itu amat brilian sejak awal musim ini,” kata bos Red Bull, Christian Horner.
“Ia membalap dengan menaknjubkan. Usaha tim dan kerja samanya amat hebat. Kami mengalahkan mereka (Mercedes) secara tidak diduga-duga. Kami membuat jarak dengan mereka,” katanya.

Pengemudi McLaren, Jenson Button, juara di Kanada pada 2011, memanfaatkan kemelut pada akhir putaran, untuk berada di urutan keempat disusul Nico Hulkenberg yang memacu Force India serta pebalap Ferrari, Fernando Alonso.

Ketika balapan dimulai, di baris terdepan Rosberg dan Hamilton – tiga kali juara di Kanada – melakukan balapan dengan mendebarkan karena ketatnya persaingan kedua rekan setim itu.

Hamilton mencoba melakukan tekanan tapi akhirnya kehilangan posisi yang ditempati Vettel.

Rosberg tidak mampu menyelesaikan lomba dengan sempurna kendati Hamilton sudah mundur, sedangkan mobil pengaman teraksa masuk lintasan karena dua kendaaraan Marussias yang bertabrakan menyisakan pecahan-pecahan kendaraan mereka di lintasan. (KB)  

Foto  :  www/redbull.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru