Friday, November 22, 2019
Home > Berita > Rencana KPU Larang Bekas Napi Koruptor Jadi Caleg Dapat Dukungan

Rencana KPU Larang Bekas Napi Koruptor Jadi Caleg Dapat Dukungan

Lapas Sukamiskin,, tempat napi koruptor. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang membuat peraturan melarang bekas narapidana korupsi maju menjadi calon legislatif (caleg) didukung Partai Demokrat.

“Untuk menjaga marwah lembaga DPR dan kepercayaan publik. Karena DPR sampai hari ini masih minim kepercayaan publik. Karena itu, sebaiknya eks napi korupsi tidak usah menjadi caleg lantaran agar DPR kembali meraih rasa percaya masyarakat,” kata Didik Irawadi, Wakil Sekjen Partai Demokrat, Minggu (27/5).

Dijelaskan, masih banyak orang-orang baik, punya kemampuan dan juga memiliki latar belakang baik. Untuk menjadi wakil rakyat yang pertama hendaknya berasal dari orang baik dan berlatar belakang baik sehingga benar-benar bisa menjadi wakil rakyat.

“Berilah kesempatan kepada orang-orang yang jelas-jelas tidak pernah bermasalah hukum bukan mantan napi teroris, bandar narkoba dan koruptor untuk duduk mewakili rakyat,” jelasnya.

Kesepekatan Komisi II DPR dan pemerintah, memperbilehkan mantan napi menjadi caleg menimbulkan pro dan kontra.

Hal ini juga terkait dengan rencana KPU yang akan membuat peraturan melarang mantan koruptor menjadi caleg DPR maupun DPRD.(i/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru