Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Rekor Gedung Tertinggi Dubai Burj Khalifa 818 Meter

Rekor Gedung Tertinggi Dubai Burj Khalifa 818 Meter

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Gedung pencakar langit The Torch di Dubai yang puncaknya terbakar Sabtu, boleh dibilang salah satu gedung tertinggi dunia dengan 79 lantai setinggi 348 meter, tapi ternyata negara itu memiliki gedung lebih tinggi, Burj Khalifa setinggi 818 meter. Wow! 

Majalah National Geographic pernah menjuluki Dubai sebagai “Sudden City” karena pembangunannya yang luar biasa cepat. Hanya dalam waktu kurang dari tiga dekade, kawasan gurun pasir di kawasan Teluk Persia itu bisa disulap menjadi salah satu metropolitan paling modern di dunia.

Karena hebatnya pembangunan di kota itu, Dubai tercatat sebagai kota dengan pembangunan paling cepat sepanjang sejarah umat manusia!

Tetapi, bukan cuma rekor itu yang dimiliki Dubai. Ada belasan rekor dunia lainnya yang sudah pasti membuat Anda berdecak kagum. Daftar rekor ini masih akan bertambah karena Dubai masih akan membangun hal-hal yang serba superior di dunia. Mau tahu rekor apa saja yang dimiliki Dubai? Inilah daftarnya.

Burj Khalifa
Inilah rekor dunia milik Dubai yang paling sering disebut-sebut. Burj Khalifa merupakan struktur bangunan tertinggi di muka bumi ini. Tingginya mencapai 818 meter, hampir dua kali tinggi Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia. Biaya pembangunan gedung ini mencapai 4,1 triliun dollar AS.

The Dubai Mall
Belum puas dengan gedung tertinggi di dunia, Pemerintah Emirat Dubai juga membangun mal terluas di dunia. Luas pusat perbelanjaan ini mencapai 1,12 juta meter persegi. Mau tahu ada berapa toko di dalamnya? The Dubai Mall memiliki lebih dari 1.200 toko! Anda pasti tidak bisa melihat semua toko di sana hanya dengan sekali kunjungan!

Burj Al Arab
Burj Al Arab adalah ikon milik Dubai yang paling terkenal. Arsitektur bangunannya meniru bentuk kapal layar, terletak di sebuah pulau buatan di pinggir pantai. Burj Al Arab adalah hotel bintang tujuh yang pertama dan tertinggi di dunia, serta salah satu hotel termahal di dunia. Untuk menginap di kamar yang paling murah, Anda harus merogoh kocek sebanyak 1.800 dollar AS. Mau tahu berapa tarif termahal di hotel ini? Tarif kamar president suite di Hotel Burj Al Arab adalah 18.000 dollar AS.

The Torch
Memiliki 86 lantai dengan ketinggian 348 meter, The Torch adalah gedung apartemen tertinggi di dunia. Ini mengalahkan Q1 Tower di Gold Coast, Australia, yang sebelumnya memegang rekor pusat hunian tertinggi di dunia. The Torch berlokasi di Dubai Marina, kawasan hunian prestisius di Dubai yang terletak di tepi laut.

Palm Jumeirah
Pulau buatan yang berbentuk pohon palem ini diklaim sebagai “Eight Wonder of the World”. Luas Palm Jumeirah sekitar 800 kali lapangan sepak bola, yang merupakan pulau buatan terbesar di dunia. Di pulau buatan ini didirikan hotel, kondominium, dan resor mewah.

Dubai International Airport
Terminal 3 Dubai International Airport tercatat sebagai gedung terbesar di dunia menurut luas lantai. Luasnya mencapai 370 hektar dan mampu menampung sampai 43 juta penumpang tiap tahunnya.

The World
Jika Palm Jumeirah memegang rekor sebagai pulau buatan terbesar di dunia, The World memiliki rekor sebagai kepulauan buatan terbesar di dunia. Ada lebih dari 300 pulau buatan di sana dan semuanya dibuat dari batu dan pasir gurun. Disebut The World karena bentuk kepulauan ini dibuat menyerupai peta dunia.

Dubai Fountain
The Dubai Fountain adalah air mancur buatan yang terbesar dan tertinggi di dunia. Air mancur ini mampu menyemprotkan air sampai setinggi 275 meter atau kira-kira setinggi gedung berlantai 50. Dalam waktu seketika, air mancur ini bisa menyemprotkan air sebanyak 22.000 galon air.

Dubai Aquarium
Dubai Aquarium tercatat dalam Guinness World Record sebagai akuarium yang memiliki panel akrilik terbesar di dunia. Panel raksasa ini tebalnya 0,75 meter, lebarnya 32,88 meter, dan tingginya 8,3 meter. Akuarium raksasa ini berada di dalam The Dubai Mall.

Dubai Ski
Dubai ski adalah arena indoor ski yang pertama dan terbesar di dunia. Meskipun beriklim padang pasir, kita bisa bermain ski di Dubai! Panjang lintasan ski buatan ini mencapai 400 meter. Lokasinya berada di dalam Mall of Emirates.

Dubai Metro
Dubai Metro adalah sistem angkutan kereta otomatis terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 72 kilometer, mengalahkan Vancouver Skytrain yang ada di Kanada. Dubai Metro dikendalikan secara otomatis tanpa sopir. Meski tidak dikendalikan manusia, sistem keamanannya adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Dubai Marina
Dubai Marina merupakan waterfront buatan terpanjang serta pusat hunian di pinggir pantai yang terluas di dunia. Sepanjang Dubai Marina terdapat lebih dari 200 gedung apartemen, hotel, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Dubailand
Ini adalah taman ala Disney World terluas di dunia. Luasnya mencapai 278 kilometer persegi, kira-kira sepertiga luas provinsi DKI Jakarta. Akibat krisis global, pembangunan Dubailand sempat tersendat-sendat. Proyek taman bermain terluas di dunia ini diperkirakan selesai pada 2016. (HF/kc/him) 

Foto  :  fadhlnews.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru