Saturday, December 07, 2019
Home > Berita > Ratusan Warga Yogyakarta Rebutan Berkah di Grebeg Maulud

Ratusan Warga Yogyakarta Rebutan Berkah di Grebeg Maulud

Gunungan Grebeg Maulud. (ist)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Salah satu tradisi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam memperingati Kelahiran Nabi Muhammad adalah menggelar Grebeg Maulud. Gunungan berisi berbagai makanan dan hasil bumi ini adalah wujud sedekah sang Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Di era modernisasi ini, rupanya masih ada kepercayaan yang dipegang oleh sebagian warga Yogyakarta soal Grebeg Maulud. Yakni, mereka yang berhasil mendapatkan hasil bumi dari gunungan akan mendapatkan keberkahan. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat antusias memperebutkan isi gunungan.

Sejak Minggu pagi (10/11/2019), ratusan warga Yogyakarta telah memadati tiga area tempat gunungan diletakkan yaitu di Masjid Gedhe Kauman, Kepatihan, dan Pakualaman. Warga juga terlihat memadati Alun-alun Utara untuk melihat proses Grebeg Maulud.

Beberapa diantaranya bahkan membawa kantung plastik untuk meletakkan berbagai makanan dan hasil bumi yang berhasil didapatkan dari gunungan yang telah disebar. Cuaca panas tak menghalangi mereka untuk ‘ngalap berkah’ di Grebeg Maulud kali ini.

Heni Tri Winarsih, warga asal Yogyakarta, mengaku percaya bahwa Keraton Yogyakarta dengan mendapatkan hasil bumi dari gunungan dalam Grebeg Maulud mampu membawa keberkahan.

“Kepercayaan tersendiri, tidak bisa dibeli, tidak bisa dipertanyakan, bagaimana kita bisa percaya seperti itu. Itu sudah dari hati,” ujarnya saat ditemui usai Grebeg Maulud di Masjid Gedhe Kauman.

Sama halnya dengan Heni, Anang Maruf juga mengungkapkan hal yang sama. Ia pun tak pernah absen dalam ‘ngalap berkah’ di berbagai Grebeg yang digelar Keraton. “Katanya di rumah bisa jadi lebih enak, gitulah,” ujarnya. (K/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru