Friday, May 29, 2020
Home > Berita > Raja Saudi Setuju Tarawih Dilaksanakan di Dua Masjid Suci, PBB Peringatkan 265 Juta Orang dalam Risiko Kelaparan

Raja Saudi Setuju Tarawih Dilaksanakan di Dua Masjid Suci, PBB Peringatkan 265 Juta Orang dalam Risiko Kelaparan

mimbar-rakyat.com – Lebih dari 2,5 juta orang di seluruh dunia didiagnosis terpapar virus corona. Lebih dari 170.000 diantaranya meninggal, dimana AS menyumbang sekitar seperempat dari semua kematian. Demikian menurut data yang dikumpulkan Universitas Johns Hopkins.

Di lain pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan kelaparan global bisa berlipat ganda sebagai akibat pandemi coronavirus. Diperhitungkan 265 juta orang dalam risiko. Kate Mayberry dan Saba Aziz melaporkannya untuk Al Jazeera, seperti dikutip mimbar-rakyat.com.

Australia sedang berusaha membangun dukungan internasional untuk tinjauan independen terhadap asal-usul dan penyebaran pandemi coronavirus. Sementara Singapura telah memperpanjang penutupan selama sebulan karena pemerintah menjuluki sebagai  “pemutus wilayah” hingga 1 Juni, setelah lonjakan kasus.

Berikut ini adalah pembaruan terbaru, Rabu, 22 April:
06:45 GMT – ‘panti asuhan’ Tokyo untuk bayi melaporkan 8 kasus.
Sebuah fasilitas perawatan perumahan di Tokyo untuk bayi dan balita melaporkan delapan kasus infeksi coronavirus. Itu menurut media lokal.

Salah satu anggota staf di lembaga tersebut dinyatakan positif mengidap virus itu pada 16 April, yang memicu tes penghuninya, lapor Kyodo News. Tidak satu pun dari delapan anak yang dites positif menunjukkan gejala besar seperti demam, kata Kyodo.

06:30 GMT – PM Pakistan Imran Khan menjalani tes coronavirus.
Asad Hashim dari Al Jazeera mengirim pembaruan ini dari Islamabad; “Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah menjalani tes untuk virus corona setelah ia melakukan kontak dengan seorang filantropis terkemuka yang terinfeksi, Faisal Edhi, pada hari Rabu, kata dokternya. Hasil Khan diperkirakan akan dirilis pada hari Rabu.

Edhi mengumumkan pada hari Selasa bahwa ia telah dites positif untuk virus corona, setelah menunjukkan beberapa gejala selama empat hari sebelum surut. Dia telah terbang ke ibukota Islamabad untuk menyerahkan 10 juta rupee Pakistan ($ 62.250) untuk memeriksa dana bantuan coronavirus perdana menteri. ”

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menerima cek dari Kepala Yayasan Edhi Faisal Edhi, untuk dana bantuan penyakit coronavirus Perdana Menteri (COVID-19) di Rumah Perdana Menteri.

06:15 GMT – Fauci kepada gadis berusia 7 tahun: Peri gigi tidak akan tertular virus.
Spesialis kesehatan dan penyakit menular top AS Anthony Fauci telah meyakinkan seorang gadis muda bahwa peri gigi tidak berisiko terinfeksi selama pandemi coronavirus.

Dokter populer itu akan muncul pada hari Rabu sebagai bintang tamu di acara Snapchat aktor Will Smith, “Will From Home.”

Dalam cuplikan cuplikan wawancara mereka, diposting di YouTube, seorang gadis berusia tujuh tahun dipanggil dari Los Angeles dengan pertanyaan yang sangat mendesak.

05:00 GMT – Australia mencari dukungan untuk penyelidikan internasional terhadap coronavirus.
Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah meminta dukungan untuk penyelidikan internasional terhadap pandemi coronavirus. Dia telah berbicara semalam kepada Presiden AS Donald Trump, serta Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Australia menyerukan peninjauan independen tentang asal-usul virus dan penyebarannya. China sebelumnya menuduh Australia mendukkung AS, yang telah mengkritik China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta menarik dana untuk badan kesehatan PBB.

04:40 GMT – Nagasaki Jepang mengkonfirmasi 33 kasus di kapal pesiar yang merapat untuk diperbaiki.
Para pejabat di prefektur barat Jepang Nagasaki mengatakan mereka telah mengkonfirmasi 33 kasus virus corona pada kapal pesiar Italia yang merapat di sana untuk perbaikan.

“Ada banyak infeksi di kapal, dan kami tidak memiliki sistem medis untuk mengkonfirmasi situasi kesehatan dan untuk memisahkan” mereka yang positif dan negatif, kata gubernur Nagasaki Hodo Nakamura.

Gubernur telah meminta bantuan dari pemerintah di Tokyo dan kru lainnya sedang diuji. Kapal milik Italia itu telah berada di galangan kapal di Nagasaki sejak akhir Februari.

03:50 GMT – Pemerintah Asia Tenggara didesak untuk meningkatkan komitmen perubahan iklim.
Parlemen ASEAN untuk Hak Asasi Manusia (APHR) menyerukan kepada pemerintah di negara Asia Tenggara untuk berkomitmen pada iklim yang lebih ambisius dan target lingkungan untuk menurunkan risiko kedaruratan kesehatan di masa depan.

APHR mencatat bahwa jumlah penyakit menular yang muncul telah meningkat sejak tahun 1940-an bersamaan dengan deforestasi dan peningkatan urbanisasi.

“Pemerintah kita harus bertindak cepat melawan deforestasi dengan meningkatkan kawasan lindung dan perlindungan lingkungan terhadap proyek-proyek investasi jika kita ingin mengurangi risiko menghidupkan kembali COVID-19 seperti epidemi,” Sarah Elago, seorang anggota parlemen dari MP Filipina mengatakan dalam sebuah pernyataan, bertepatan dengan Hari Bumi.

03.20 GMT – Raja Saudi menyetujui Tarawih di dua masjid suci.
Raja Arab Saudi Salman telah menyetujui pelaksanaan Tarawih di dua masjid suci di Arab Saudi, Makkah dan Madinah,  tetapi masuknya para peziarah akan tetap ditangguhkan. Demikian pihak pengurus Dua Masjid Suci dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Arab Saudi berencana untuk mengurangi jam malam yang diberlakukan di beberapa kota karena coronavirus selama bulan puasa Ramadhan, yang akan dimulai pekan ini.

02:20 GMT –
China mengatakan Australia membeo Trump dalam mengkritik coronavirus.
China menuduh Australia menerima instruksi dari AS dalam kritiknya terhadap tanggapan China terhadap virus corona, setelah menteri dalam negeri Peter Dutton meminta China untuk lebih transparan tentang wabah tersebut.

“Sudah diketahui bahwa baru-baru ini beberapa orang di AS termasuk pejabat tinggi telah menyebarkan ‘virus informasi’ anti-China,” seorang juru bicara kedutaan besar China di Canberra mengatakan dalam komentar yang diposting di situsnya.

01:30 GMT – China, Korea Selatan memperbarui situasi coronavirus.
China dan Korea Selatan sama-sama melaporkan data terbaru mereka tentang coronavirus.
China melaporkan 30 kasus baru di daratan, 23 di antaranya melibatkan orang-orang yang kembali dari luar negeri. Komisi Kesehatan Nasional juga mengatakan jumlah kasus tanpa gejala naik menjadi 42, dari 37 hari sebelumnya.

Di Korea Selatan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan negara itu memiliki 11 kasus baru, hari keempat berturut-turut di mana jumlahnya telah di bawah 15. Enam dari kasus tersebut adalah di antara para pelancong asing.

00:00 GMT – Cuomo mengatakan Trump setuju untuk membantu pengujian ganda di New York.
Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan dia melakukan pertemuan “produktif” dengan Presiden AS Donald Trump dan itu bertujuan untuk menggandakan pengujian virus korona menjadi 40.000 tes sehari.

Cuomo dan Trump bertemu pada hari Selasa dan presiden setuju bahwa pemerintah federal akan membantu pengadaan reagen kimia yang diperlukan untuk meningkatkan pengujian.***sumber Al Jazeera dan kantor berita, Google.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru