Wednesday, March 20, 2019
Home > Berita > Raja Salman Hadiahkan Kiswah untuk Istiqlal

Raja Salman Hadiahkan Kiswah untuk Istiqlal

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud (kiri) dan Presiden Joko Widodo ketika melaksanakan salat tahiyatul masjid, di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Foto: Biro Pers Istana)

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud (kiri) dan Presiden Joko Widodo ketika melaksanakan salat tahiyatul masjid, di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Foto: Biro Pers Istana)

Mimbar-Rakyat.com (Jakarta) – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memberikan sebuah cenderamata untuk Masjid Istiqlal, berupa potongan kiswah Kakbah, ketika beliau berkunjung ke salah satu masjid termegah di kawasan Asia Tenggara itu.

“Berupa kaligrafi yang tertulis ayat-ayat Alquran dari benang emas,” kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3). “Memang Raja secara khusus menghadiahkan itu kepada Masjid Istiqlal,” katanya lagi. Potongsan kiswah itu nantinya akan dibuatkan frame dan dipajang di Masjis Istiqlal.

Pemberian kiswah Kakbah ini, kata Menag, sangat bermakna untuk Indonesia. “Intinya, itu adalah simbol bahwa perhatian tidak hanya pemerintah tapi juga (dari) masyarakat Saudi Arabia terhadap Indonesia begitu besarnya, jadi itu sebagai simbol bahwa hati beliau tetap melekat di hati umat muslim Indonesia dan itu dihadiahkan secara simbolik kepada Masjid Istiqlal,” kata menteri.

Hadiah kiswah berhias kaligrafi dari benang emas, disebutkan, sebagai persaudaraan dan perhatian masyarakat Arab Saudi untuk Indonesia. “Itu adalah simbol bahwa perhatian tidak hanya (pada) pemerintah tapi juga mayarakat Saudi Arabia terhadap Indonesia begitu besarnya,” tutur Menag Lukman lagi.

Dalam kunjungan singkat di Masjid Istiqlal, Raja Salman menyempatkan diri melaksanakan salat tahiyatul masjid. Hal serupa dilakukan Presiden Jokowi. Raja kemudian berbincang dengan pengurus masjid ditemani Jokowi dan Menag.

“….intinya Raja Salman menyampaikan bahwa dia bersyukur dan bisa berziarah ke Masjid Istiqlal dan dia juga sangat kagum ada masjid seperti ini dengan sejarah yang juga sangat khas dan khusus bagi Indonesia. Karena sebelumnya juga dijelaskan oleh Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal tentang sejarah Masjid Istiqlal,” ujar Lukman.

Raja berada di Masjid Istiqlal sejak pukul 14.15 WIB hingga 14.30 WIB. Dalam kunjungannya di Istiqlal Raja Salman sempat melambaikan tangan kepada masyarakat yang sengaja datang ke tempat ibadah itu untuk melihat langsung Raja Arab Saudi itu.

Raja Salman meninggalkan masjid bersama Presiden Joko Widodo. Keduanya berada dalam satu mobil yang sebelumnya mengantar Raja ke Istiqlal. Keduanya diantar menuju Istana Kepresidenan. Di Istana Raja Salman dan Presiden Jokowi bertemu para pimpinan Ormas Islam.***(eank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru