Thursday, December 12, 2019
Home > Berita > Putra Mahkota Baru Saudi Mohammed bin Salman Dibanjiri Ucapan Selamat

Putra Mahkota Baru Saudi Mohammed bin Salman Dibanjiri Ucapan Selamat

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman. (Foto: SPA/Arab Newws)

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman. (Foto: SPA/Arab Newws)

Mimbar-Rakyat.com (Riyadh) – Pengangkatan Mohammed bin Salman sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Rabu (21/6) melalui dekrit kerajaan yang diumumkan melalui Badan Pers Saudi (SPA) menggantikan Pangeran Mohammed bin Naif, mendapat dukungan dari pemimpin dunia. Mohammed bin Salman terus dibanjiri ucapan selamat.

SPA menyebutkan, Mohammed bin Salman terpilih sebagai putra mahkota setelah 31 dari 34 anggota Komite Suksesi Kerajaan memilihnya dalam pertemuan yang digelar di Istana Al Safa di Makkah, Rabu. Putra mahkota yang baru terpilih juga berfungsi sebagai Wakil Perdana Menteri, Menteri Pertahanan, dan Ketua Dewan Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Pangeran Mohammed bin Salman Al-Saud adalah putra Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Hingga Kamis (22/6) ucapan selamat terus mengalir kepada Putra Mahkota baru. Mantan Putra Mahkota Mohammed bin Naif pun berjanji setia kepada baru Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Sekretaris Jenderal Organisasi Islam Kerjasama (OKI) Yousef A Al-Othaimeen, seperti dilaporkan Arab News,  menyampaikan ucapan selamat kepada Raja Salman atas pilihan tersebut, mengingat Pangeran Mohammed pengalaman dalam kebijaksanaan dan visi dalam pengelolaan urusan Kerajaan, dedikasinya terhadap pelayanan agama, bangsa dan umat, dan komitmennya pada langkah-langkah bersama untuk kepentingan dunia Islam sangat tinggi.

Sheikh Mohammad Abdulkarim Al-Issa, sekjen Liga Muslim Dunia (MWL) yang berbasis di Makkah, menyatakan pengangkatan Putra Mahkota baru sebagai sesuatu kesuksesan dan sesuatu yang menjanjikan mengingat prestise nasional dan internasional Mohammed bin Salman diakui.

Kepala Dewan Pakistan Ulama Sheikh Al-Hafiz Mohammad Taher Mahmoud Ashrafi, mendukung dekrit kerajaan dan mengatakan itu adalah langkah bijak yang diambil oleh Raja Salman dan Dewan Kesetiaan Arab Saudi.

Ucapan selamat juga datang dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Italia Paolo Gentiloni.

“Pilihan ini adalah pengakuan atas upaya besar yang telah Anda buat sepanjang tahun yang meningkatkan pentingnya dan sentralitas peran negara Anda untuk mencapai keseimbangan,” tulis PM Italia.

Sementara penguasa Qatar,  negara yang menghadapi boikot dari beberapa Negara Teluk atas tuduhan mendukung terorisme, juga mengucapkan selamat kepada Mohammed bin Salman atas pengangkatannya sebagai Putra Mahkota Arab Saudi.

“Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan termasuk yang menyampaikan ucapan selamat kepada pangeran Mohammed bin Salman, di samping sejumlah pimpinan dunia lainnya. Pasar saham Saudi menyambut positif pengangkatan Putra Mahkota yang baru tersebut.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru