Tuesday, March 31, 2020
Home > Gaya Hidup & Kesehatan > Presiden Pantau Perkembangan Bencana

Presiden Pantau Perkembangan Bencana

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan komunikasi dengan para gubernur untuk memantau perkembangan terakhir penanganan bencana di DKI Jakarta, Sumatera Utara dan Sulawesi Utara.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Yudhoyono melalui akun jejaring sosial Twitter, @SBYudhoyono, di Jakarta, Jumat.

“Saya baru saja telepon Gubernur DKI Jakarta, Sumut dan Sulut untuk menanyakan perkembangan situasi terkini di wilayah masing-masing,” kata Presiden seperti diberitakan media, Jumat.

Presiden mengatakan, para gubernur tersebut secara umum mengatakan bahwa bencana di wilayah masing-masing sudah ditangani dengan baik dan bantuan juga telah tersalurkan.

“Khusus untuk Sinabung, Insya Allah saya akan kunjungi minggu depan. Untuk Manado, saya tugaskan Wapres untuk meninjau langsung,” katanya.

Sebelumnya Koordinator Media Center Penanggulangan Bencana Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Tarigan mengatakan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu (15/1) tercatat sebanyak 25 kali menyemburkan awan panas dan debu vulkanik di daerah tersebut.

Jhonson menyebutkan, jumlah pengungsi erupsi Sinabung saat ini tercatat sebanyak 26.174 orang atau 8.161 kepala keluarga (KK).

Penanggung jawab posko tanggap darurat bencana Manado Harley Mangindaan mengatakan sebanyak 79.621 orang warga dilaporkan menjadi korban bencana banjir dan tanah longsor.

Di Jakarta, data dari Pusat Manajemen Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada Jumat (17/1) menyebutkan jika sejumlah kawasan terendam banjir mulai dari Kelapa Gading, Sunter, Pulogadung, Jembatan Lima, Kampung Bandan,Cengkareng, Cilincing, Pademangan, dan lainnya.

Sejumlah pintu air siaga dua yakni Katumpala dengan ketinggian 160 cm, Pasar Ikan dengan ketinggian 205 cm.

Pintu air Pesanggrahan 100 cm (siaga 4), Angke Hulu 195 cm (siaga 4), Cipinang 110 cm (siaga 4), Sunter Hulu 65 cm (siaga 4), Pulogadung 535 cm (siaga 3), Depok 200 cm (siaga 4), Manggarai 740 cm (siaga 3), Karet 480 cm (siaga 3), Waduk Pluit -65 cm/G, dan Krukut Hulu 80 cm (siaga 4). (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru