Thursday, November 21, 2019
Home > Berita > Presiden Jokowi resmikan gedung perpustakaan tertinggi dunia

Presiden Jokowi resmikan gedung perpustakaan tertinggi dunia

Gedung perpustakaan baru yang diresmikan Presiden Jokowi, Kamis. (industry.co.id)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Presiden Joko Widodo meresmikan penggunaan gedung layanan baru Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis.

Perpustakaan yang disebut-sebut sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia itu, berdiri di atas lahan seluas 11.975 meter persegi dengan luas bangunan 50.917 meter persegi, dengan ketinggian bangunan 126,3 meter dengan 24 lantai dan tiga basement.

Gedung ini dibangun di atas lahan gedung Perpustakaan Nasional yang lama yang sebelumnya hanya tiga lantai. Setelah dua tahun lebih pembangunan, gedung perpustakaan baru kini setinggi 24 lantai.

“Jadi enggak kaget kalau Gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan,” kata Jokowi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Jokowi mengatakan, ketika ia mendapat laporan tentang gedung baru Perpustakaan Nasional RI itu, ia langsung menyatakan akan hadir pada acara peresmiannya.

Presiden yang juga mantan gubernur DKI Jakarta itu menilai, kehadiran gedung baru Perpustakaan Nasional RI itu merupakan persiapan menyambut masa depan yang lebih baik, karena perubahan zaman menuntuk masyarakat harus lebih banyak membaca.

“Karena sudah digagas Presiden Soekarno 65 tahun lalu, baru kita kerjakan pada saat ini. Ini dikerjakan dua tahun enam bulan dan selesai dengan kondisi yang sangat baik, Alhamdulillah. Meskipun saya belum masuk, saya lihat luarnya saja saya berani komentar sangat baik,” ujar Kepala Negara.

Jokowi kemudian menandatangani prasasti peresmian gedung baru Perpustakaan Nasional RI didampingi Seskab Pramono Anung, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menristekdikti M Nasir, berkeliling melihat bagian dalam perpustakaan.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan gedung layanan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang baru,” kata Jokowi.  (An/Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru