Monday, November 18, 2019
Home > Berita > Presiden Jokowi nikahkan Kahiyang Ayu – Bobby Nasution

Presiden Jokowi nikahkan Kahiyang Ayu – Bobby Nasution

Presiden Jokowi nikahkan putrinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo, Rabu. (cnnindonesia)

MIMBAR-RAKYAT.com (Solo) – Presiden Joko Widodo menikahkan putri semata wayangnya, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Solo, Rabu pagi.

“Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya Kahiyang Ayu dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Insinyur Haji Erwin Nasution almarhum dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai,” demikian ucapan ijab Presiden Joko Widodo saat prosesi akad nikah berlangsung di Graha Saba Buana, pada Rabu.

Ucapan itu langsung disambut oleh Bobby dengan pernyataan qobul.

“Saya terima nikah dan jodohnya Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan emas 80 gram dibayar tunai,” sambut Bobby.

Kemudian kedua saksi pernikahan yaitu Wapres Jusuf Kalla dan Darmin Nasution menjawab “sah” akad nikah tersebut.

Dalam acara tersebut yang bertindak selaku pelantun ayat suci Al Quran yaitu Agus Maarif, khutbah nikah oleh Said Aqil Siradj dan doa pernikahan oleh Haedar Nasir.

Rombongan keluarga Muhammad Bobby Nasution yang menumpang kereta kencana dari Hotel Alila Solo menuju Graha Saba Buana, la[pr antaranews,  tiba pada sekitar pukul 08.50 WIB.

Keluarga mempelai wanita tiba lebih dulu dan keluarga Jokowi menjemput calon mempelai pria diantar ke meja akad nikah.

Bobby mengenakan pakaian beskap adat Jawa berwarna hitam.

Keluarga Presiden juga menumpang kereta kencana dari kediaman di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber untuk menuju gedung tersebut.

Ibu Negara Iriana Jokowi menuntun sang putri menuju meja Ijab Qobul.

Kahiyang mengenakan pakaian kebaya adat Jawa berwarna hitam dihiasi rangkaian bunga melati di kepalanya.

Wapres: Sederhana

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution berlangsung secara sederhana.

“Acaranya sederhana, tapi yang hadirnya yang banyak,” kata Wapres ditemui usai menjadi saksi dalam pernikahan Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buana, Solo pada Rabu.

Menurut JK yang mengenakan pakaian adat khas Bugis sewaktu acara ijab kabul, dekorasi pernikahan juga seperti pada umumnya pernikahan warga. “Dekorasi iya biasa saja,” ujar Wapres.

Sementara itu, Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan acara tersebut berlangsung sederhana, namun khidmat.

“Tidak terlalu mewah, tapi lebih berkharisma yang sangat baik. Jadi walaupun pernikahan ini putri satu-satunya, tapi sangat sakral dan sederhana dan mempunyai arti yang sangat dalam,” ucap Setnov.

Setnov juga menyampaikan ucapan selamat atas pernikahan Kahiyang dan Bobby. Dia menyampaikan turut bahagia dan mendoakan kelanggengan bagi rumah tangga Kahiyang-Bobby.

Dalam acara akad itu, Wapres JK bertindak sebagai saksi pernikahan bersama Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Keluarga besar Jokowi dalam acara pernikahan menyajikan kuliner tradisional bagi tamu undangan yang hadir antara lain serabi solo, martabak telur dan martabak manis, sate kere, timlo, cabuk rambak, serta minuman sari buah.

Selain itu, lagu-lagu yang dilantunkan untuk menghibur tamu merupakan lagu tradisional berbahasa Jawa yang dilantunkan dengan jazz, semakin mengentalkan adat Jawa dalam prosesi tersebut.

Presiden juga meminta maaf kepada masyarakat Solo dan sekitarnya jika terjadi kemacetan arus lalulintas karena prosesi pernikahan putrinya.  (An/Kb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru