Wednesday, October 16, 2019
Home > Berita > Presiden Jokowi Minta Politeknik Indonesia Agar Contoh Jerman

Presiden Jokowi Minta Politeknik Indonesia Agar Contoh Jerman

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kanan) didampingi oleh Instruktur Bidang Automotive Maintenance Politeknik Manufaktur Astra Elroy Fransiskus (kedua kanan) pada acara kunjungan kerja presiden ke Siemens Technik Akademie di Berlin, Jerman. (18/4).

MIMBAR-RAKYAT.com (Berlin) – Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Jerman mengatakan, salah satu kekuatan Jerman adalah sumber daya manusia yang memiliki kemampuan kompetensi yang bagus.

“Saya ingin Politeknik di Indonesia memiliki sistem pendidikan seperti Jerman,” tutur Presiden Jokowi di Berlin.

Dua Instruktur Politeknik Manufaktur Astra berkesempatan berdialog dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang Senin sore (18/4) mengunjungi Siemens Technik Akademie di Berlin untuk meninjau praktik pendidikan vokasi di Jerman.

Salah satu agenda dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Republik Federasi Jerman adalah mendorong kerja sama di bidang pendidikan selain agenda utama di bidang ekonomi dan bisnis.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto menambahkan Polman Astra telah menginisiasi program Megister dengan mengirimkan dua instruktur Polman Astra untuk belajar dan meraih sertifikasi Meister.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi People Roadmap yang mengedepankan pengembangan sumber daya manusia selaras dengan pertumbuhan usaha yang mengintegrasikan nilai-nilai Astra yaitu Catur Dharma.

Astra International, melalui Yayasan Astra Bina Ilmu–Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), mengirimkan dua instrukturnya yakni Elroy Fransiskus dan Marco Adribrata untuk menempuh pendidikan di Jerman selama satu tahun.

Mereka diharapkan dapat meraih sertifikasi Meister di bidang Perawatan Otomotif di Alfons Kern Schule (AKS) di Kota Pforzheim, Jerman, demikian diungkapkan Divisi Humas dan Komuniukasi Korporat, PT Astra, Mulawarman, kepada media, Selasa.

Sertifikasi Meister merupakan pengakuan tertinggi terhadap kualifikasi kompetensi profesional dan vokasi di Jerman. Jerman merupakan salah satu negara yang menjadi rujukan dalam pendidikan vokasi terbaik di dunia.

Astra melalui Polman Astra aktif mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia guna menjawab tantangan industri global yang menuntut kualitas sumber daya manusia yang terampil.

Kini Polman Astra menyelenggarakan pendidikan vokasi Diploma 3 dengan 4 Program Studi dan 7 Konsentrasi yakni Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi, Teknik Produksi & Proses Manufaktur, Mekatronika, Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan, Manajemen Informatika, Teknik Otomotif dan Teknik Alat Berat.

Sejak Mei 2015, Polman Astra telah berkerjasama dengan AKS untuk pengembangan instruktur. AKS adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi vokasi di kota Pforzheim yang berjarak sekitar 6 jam perjalanan kereta api dari Berlin, Jerman.   (SP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru