Tuesday, August 21, 2018
Home > Berita > Presiden Joko Widodo Luncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan di GIIAS 2018

Presiden Joko Widodo Luncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan di GIIAS 2018

Presiden RI Joko Widodo (kedua kiri) dan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (kiri) berbincang bersama Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) Sukiyat (kedua kanan) dan Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kanan) di booth Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes yang diresmikan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 (2/8). (astra)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.
 
Peluncuran AMMDes Rabu itu dilakukan berbarengan dengan opening ceremony GIIAS ke-26 di Indonesia Convention Exhibition BSD City.
 
Hadir dalam peluncuran itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dan Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen serta Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) Sukiyat.   
 
“Saya menyambut baik peluncuran AMMDes pada hari ini karena ada inovasi dan kaitannya ke industri hulu sangat banyak,” tutur Presiden Joko Widodo sesaat sebelum meluncurkan AMMDes. 
 
Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo juga mengingatkan pelaku industri otomotif agar tetap bekerja keras dengan inovasi, apalagi saat ini ada tiga tantangan besar, yakni semakin meluasnya fenomena mobil listrik, disrupsi teknologi dan   perubahan siklus pasar otomotif global. 
 
AMMDes merupakan program Kementerian Perindustrian yang sejalan dengan semangat Nawa Cita Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari wilayah terluar, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis melalui penyediaan AMMDes.
 
AMMDes didesain, dikembangkan, dan diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), anak perusahaan PT Velasto Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit usaha PT Astra Otoparts Tbk. Melalui KMWI, AMMDes memiliki dua fungsi,  sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.
 
Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintergrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya.
 
AMMDes memiliki tingkat kandungan komponen lokal mencapai 70%, KMWI melibatkan 71 vendor yang meliputi vendor lokal sebanyak 69 vendor (38 IKM; 15 Astra; 16 non Astra) serta 2 vendor asing untuk menyediakan 189 komponen penyusun AMMDes.
 
Kotak Semangat Astra Hadir di GIIAS 2018  
Pada ajang GIIAS 2018 ini, Astra juga menyediakan Kotak Semangat Astra di foyer Hall 10 mulai 2 hingga 12 Agustus 2018. Kotak ini untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dalam mendukung perhelatan akbar olahraga Asian Games 2018.
 
Dalam siaran pers, Astra mengajak masyarakat untuk merekam keseruan melalui foto dengan tema Semangat Astra, Semangat Indonesia di Kotak Semangat Astra, kemudian foto tersebut diunggah di instagram disertakan caption dukungan untuk Indonesia di Asian Games 2018. 
 
Pergunakan hashtag #AsianGames2018 #AstraAsianGames2018 #KitaSATUIndonesia di postingan tersebut dengan mention serta tag @satu_indonesia.
 
Kotak Semangat Astra juga dapat ditemukan di Balairung Universitas Indonesia Depok (13-14 Agustus 2018) dan Gelora Bung Karno (18 Agustus – 2 September 2018). Bagi masyarakat yang tidak berkesempatan mengunjungi Kotak Semangat Astra, bisa mengikuti kegiatan lainnya berupa photo competition.
 
Caranya dengan mengunjungi Instagram @satu_Indonesia, gunakan frame, ekspresikan fotomu dalam frame tersebut lalu unggah ke Instagram dengan menyertakan caption yang mengandung unsur kalimat: Ayo dukung tim Indonesia untuk jadi juara dalam #AsianGames2018! #AstraAsianGames2018 #KitaSATUIndonesia. Mention dan tag@satu_indonesia di unggahan foto tersebut. Photo competition ini dimulai 1 Agustus – 2 September 2018.
 
Setiap minggunya akan ditentukan siapa pemenangnya dan diakhir periode akan diumumkan pemenang utama yang berhak mendapatkan hadiah utama berupa:
1.      Juara 1: 1 Motor Honda Revo
2.      Juara 2: 1 Macbook Air 11”
3.      Juara 3: 1 Samsung Gear S3
4.      20 Juara Favorit: Voucher Belanja Senilai @ Rp 500.000
Pemenang hadiah utama akan pada diumumkan 7 September 2018.
 
Kotak Semangat Astra dan Photo Competition yang dilakukan selama perhelatan Asian Games 2018 sebagai wujud nyata dukungan Astra sebagai salah satu Official Prestige Partner Asian Games ke-18 yang akan berlangsung pada Agustus hingga awal September 2018.
 
Astra juga berpartisipasi dalam torch relay Asian Games 2018 di 10 kota. Tujuh kota yang sudah terlaksana seperti di Solo, Denpasar, Mataram, Sorong, Makassar, Banjarmasin dan D.Toba, sedangkan tiga kota lainnya seperti Palembang, Bandung dan Jakarta akan diadakan di minggu pertama dan kedua bulan Agustus. Selain itu, Astra juga mengadakan acara di dua kota yang dilewati obor Asian Games, yaitu di kota Denpasar dan Palembang. Acara di dua kota ini akan diadakan di Kampung Berseri Astra.  (sp/kb)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru