Thursday, August 06, 2020
Home > Internasional > Presiden Joko Widodo Jadi Primadona di APEC Summit 2014 Beijing

Presiden Joko Widodo Jadi Primadona di APEC Summit 2014 Beijing

MIMBAR-RAKYAT.com  (Beijing)  – Presiden Joko Widodo  menjadi magnet bagi para pemimpin dunia dan  CEO dunia bisnis yang penasaran mendengar pidato kunci yang disampaikannya di APEC CEO Summit 2014. Usai menyampaikan pidato berjudul “Partnership for a Better Connected Asia-Pacific” di hadapan 1.500 CEO dari berbagai negara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menjadi buruan para CEO yang ingin berkenalan dengannya. 

Sementara para pemimpin dunia yang berebut ketemu empat mata, Obama mendapat kesempatan pertama, setelah Jokowi ketemu tuan rumah Presiden Tiongkok Xin Jinping. Berikutnya adalan Perdana Menteri Jepang  Shinzo Abe. Mereka bertemu secara terpisah sepanjang Senin pagi 11/10/2014.

Sebuah foto yang diunggah di akun Twitter resmi Sekretariat APEC CEO Summit 2014 menggambarkan Jokowi tengah dikerubungi para CEO yang ingin berfoto atau sekadar berjabat tangan. Mereka mengaku terkesima dengan pidato yang disampaikan oleh Jokowi. 

Dalam pidato tanpa teks, Jokowi mengundang para investor untuk datang dan membenamkan dananya di Indonesia. Ada begitu banyak proyek infrastruktur baru yang akan dilakukan di era pemerintahannya. Mulai dari tol laut, pembangunan pelabuhan, pembangkit tenaga listrik, dan kereta rel listrik. 

“Kami menunggu Anda datang ke Indonesia. Kami menunggu Anda untuk berinvestasi di Indonesia,” ungkap Jokowi dengan Bahasa Inggris yang fasih. Untuk itu, dia menjanjikan akan memberi kemudahan perizinan dan pembebasan lahan.

Obama Senang

“Saya senang sekali bertemu dengan bapak presiden dan saya harapkan kita bisa memperkuat persahabatan pribadi mapun persahabatan antara negara,” kata Obama di Hotel Westin, Beijing, di sela-sela KTT APEC, Senin (10/11/2014).

Ini adalah pertemuan pertama Jokowi dengan Obama. Jokowi juga orang pertama yang ditemui oleh orang nomor satu di AS itu saat baru saja tiba di Beijing.

Bersahabat dengan Jokowi dan Indonesia, bagi Obama, adalah nostalgia. Dia mengatakan, Indonesia adalah tempat masa kecilnya.

“Saya senang bertemu presiden Widodo. Saya memiliki kedekatan dengan Indonesia karena menghabiskan masa kecil saya di sana,” ujar Obama.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melakukan pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang di Balai Agung Rakyat. Dalam pertemuan itu kedua belah pihak menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan hubungan kedua negara di masa datang guna kesejahteraan kedua belah pihak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru