Monday, February 24, 2020
Home > Nasional > Presiden Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2014

Presiden Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2014

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak berbagai pihak, mulai penyelenggara pemilu, aparat hukum dan keamanan, insan pers, hingga masyarakat luas untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2014.

“Pertama, marilah kita sukseskan penyelenggaraan Pemilu 2014. Dunia mengakui dan mengapresiasi Pemilu sebelumnya seperti Pemilu 2009 dan 2004 yang dinilai damai, fair dan demokratis,” kata Presiden saat membuka penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional Pemantapan Pemilu Anggota DPR/DPD/DPRD Tahun 2014 di Jakarta, Selasa.

Menurut Presiden, dengan kesuksesan dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya, maka saat ini juga saat yang baik untuk mengukir sejarah baru agar Pemilu 2014 juga berjalan sukses.

Untuk itu, ujar dia, berbagai pihak terkait juga harus mengambil dari penyelenggaraan Pemilu sebelumnya dengan meneruskan yang sudah baik dan menyempurnakan yang kurang baik.

“Mari kita pedomani dan laksanakan aturan pemilu mulai konstitusi UUD 1945, UU Pemilu, undang-undang terkait lainnya, dan aturan yang dibuat penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Ia juga mengajak berbagai pihak menyadari kewenangan dan tanggung jawab masing-masing sesuai ketentuan yang berlaku serta bisa menyosialisasikan dan menjelaskan kepada rakyat terkait penyelenggaraan Pemilu.

Menurut Yudhoyono, terdapat protes yang diarahkan kepada Presiden padahal protes tersebut bukan kewenangan dan amanat Presiden sesuai UU Pemilu.

Presiden juga mengajak dicegahnya pelanggaran pemilu termasuk intimidasi, kekerasan di antara kontestan pemilu, sehingga aparat diharapkan aktif mencegah hal tersebut.

“Dalam kaitan ini saya mengajak elit politik menjaga kedamaian dan ketertiban pemilu. Kita cegah tindakan provokatif dan agitatif yang bisa menyulut emosi,” katanya.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyebutkan penyelenggaraan Rakornas tersebut adalah sebagai upaya mensinergikan penyelenggaraan pemilu di antara pemangku kepentingan pemilu, sehingga dapat memperkuat dan memantapkan fungsi koordinatif bagi suksesnya Pemilu 2014.

Mendagri juga mengutarakan harapannya agar hasil Rakornas dapat ditindaklanjuti oleh masing-masing kementerian dan berbagai pihak terkait guna suksesnya Pemilu 2014.(BK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru