Tuesday, December 10, 2019
Home > Berita > Prancis vs Argentina: 2 Bintang Barcelona Bertempur, Uruguay Pelajari Taktik Ronaldo

Prancis vs Argentina: 2 Bintang Barcelona Bertempur, Uruguay Pelajari Taktik Ronaldo

Ronaldo, bintang Portugal. (reuters)

MIMBAR-RAKYAT.Com (Rusia) – Tim Prancis melawan Argentina pada babak 16 besar Piala Dunia 2018, Sabtu (30/6) malam pukul 21:00 WIB. Dua bintang Barcelona, Samuel Umtiti dan Lionel Messi bertepur dalam balutan seragam berbeda.

Prancis yang juara Grup C dengan koleksi 7 poin, dalam tiga laga dijalani, Prancis mengalami dua kali menang atas Australia dan Peru dan ditahan Denmark.

Sedang Argentina nyaris gagal ke fase knock out setelah hanya bisa bermain imbang melawan Islandia, bahkan dibantai Kroasia 0-3. Untung di laga ketika menang atas Negieria hingga bisa menjadi runner up Grup D.

Umtiti melihat tingginya beban yang harus disandang Messi saat membela negerinya. Ini membuat bintang yang banyak mempersembahkan gelar bagi Barcelona ini tampil tak sebaik di klub.

“Messi terlihat beda, dia tak bisa main dengan cara yang sama saat di Argentina dengan ketika membela Barcelona,” katanya dilaporkan Sportskeeda.

Bek Prancis ini kemudian mengungkapkan alasan perbedaan itu. “Argentina memang memiliki pemain yang bagus-bagus tapi Messi tak ditemani pemain yang sama dengan di Barcelona. Cara main Argentina dengan Barcelona berbeda,” ungkapnya.

Meski begitu, baginya Messi adalah tetap seorang yang bisa menentukan arah permainan.

“Messi berulang kali menyelamatkan Argentina. Dia pemain yang berbahaya. Moral rekan setim di Argentina terangkat karena Messi,” katanya. “Tapi Messi tak bisa terus melakukannya sendirian untuk Argentina.”

BARISAN BERTAHAN

Uruguay punya barisan pertahanan yang belum kemasukan gol di Piala Dunia 2018, sehingga sangat dapat diandalkan untuk ‘mematikan’ bintang Portugal Cristiano Ronaldo di babak 16 besar.

Sehingga, dalam laga, Minggu (1/) pukul 01:00 WIB, mereka yakin mampu membendung karena sudah mempelajari taktik Ronaldo.

Barisan pertahanan Uruguay tak lain adalah sang kapten Diego Godin yang kebetulan syarat pengalaman menjadi bek Atletico Madrid. Dia sangat paham menghadapi Ronaldo yang bermain di Real Madrid, di kompetisi LA Liga.

Diego Godin punya catatan dari 27 pertemuan melawan Ronaldo di La Liga mencatat delapan kemenangan, sembilan kali imbang, dan kalah sepuluh kali. Rekor ini cukup memiliki harapan untuk Uruguay.

Godin, 32, salah satu pemain paling senior di skuad Uruguay. Ia melakukan debutnya pada 2005 dan telah bermain di tiga Piala Dunia serta menjuarai Piala Amerika pada 2011.

Memang Ronaldo, lima kali terpilih menjadi pemain terbaik itu, unggul dari Godin, termasuk saat mencatatkan dua trigol ketika melawan Atletico. Namun pemain bertahan itu telah beberapa kali sukses “menjinakkan” Ronaldo, mencegah bintang Portugal itu mengemas gol lebih banyak.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez menggunakan foto tandukan Godin untuk menginspirasi para pemainnya saat timnya berdiskusi ketika turun minum pada pertandingan pertama Piala Dunia 2018 melawan Mesir, di mana mereka memerlukan kemenangan dengan sundulan Jose Gimenez dari tendangan sudut.

Tabarez, yang melatih Uruguay sejak 2006, tidak pernah menyembunyikan kekagumannya terhadap kaptennya.

“Godin merupakan pribadi yang sangat menentukan. Dia memperlihatkan solidaritas dan hal itu membuat dirinya menonjol di grup, dan itu membakar semangat mereka juga,” katanya dilansir Soccer.

“Dia mendapat peran sebagai kapten untuk pencapaian-pencapaian dan komitmen dan teladannya. Dengan cara mewakili hal yang sangat baik dari negara seperti Uruguay. Saya optimis dia akan mampu meredam Ronaldo,” imbuhnya.

Godin yang telah bekerja selama bertahun-tahun di bawah asuhan pelatih Atletico Diego Simeone, Ia kini sangat diandalakan Uruguay saat menghadapi Portugal.

Tabares mengatakan, hanya sedikit pemain yang memiliki determinasi seperti Godin. Ia terbiasa di klubnya yang begitu bermusuhan dengan tetangga yang lebih kaya Real Madrid yang sangat mengandalkan Ronaldo. (i/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru