Wednesday, July 08, 2020
Home > Olahraga > Sepakbola Dunia > Prancis V Nigeria 2-0

Prancis V Nigeria 2-0

MIMBAR-RAKYAT.com (Brasilia) – Juara dunia 1998 Perancis melangkah ke babak perempat-final setelah mengalahkan Nigeria 2-0 berkat gol Paul Pogba dan gol bunuh diri kapten Nigeria Josep Yobo masing-masing menit ke-79 dan 90 di Stadion Nasional Mane Garrincha, Brasilia, Senin (Selasa WIB).

Di perempat-final, Perancis akan berhadapan dengan pemenang antara Jerman dan Aljazair.

Di hadapan sekitar 60.000 penonton yang sebagian besar pendukung Nigeria, wakil dari benua Afrika itu hampir saja unggul lebih dulu pada menit ke-16, tapi penyerang Peter Odemwingie sudah berada dalam posisi offside.

Peluang terbaik Perancis diperoleh pemain tengah Paul Pogba pada menit ke-20 ketika menerima umpan tarik dari Mathieu Debuchy yang membangun serangan dari sisi kanan lapangan.

Tapi tendangan keras pemain asal Juventus tersebut mengarah tepat ke arah kiper Vincent Enyema sehingga dengan mudah diblok.

Pertandingan babak pertama secara keseluruhan berlangsung seimbang, tapi cenderung menjemukan karena tidak banyak terjadi peluang-peluang gol oleh kedua tim.

Pertandingan diawal babak pertama tidak banyak berubah karena pertarungan lebih banyak terjadi di lapangan tengah dan sering terhenti oleh pelanggaran oleh kedua tim.

Menit ke-62 Oliver Giroud, penyerang andalan Arsenal yang tidak bisa berkembang di barisan serangan, digantikan oleh Antoine Griezmann.

Masuknya pemain asal Real Sociadad itu ternyata membawa dampak bagi Perancis yang kemudian mulai tampil lebih menyerang.

Perancis kembali dapat peluang terbaik melalui Benzema yang sudah berhadapan dengan kiper, tapi tendangannya masih bisa diblok Enyema dan bola pun bergulir mengarah gawang.

Nigeria pun selamat dari kebobolan berkat Victor Moses yang segera menghalau bola yang nyaris bergulir masuk gawang dan hanya beberapa sentimeter dari diluar garis gawang. Teknologi gol yang diterapkan untuk pertama kali di Piala Dunia itu ikut membantu wasit untuk memastikan terjadinya gol atau tidak.

Perancis kembali ditolong Dewi Fortuna pada menit ke-75 ketika tendangan keras Yohan Cabaye dari luar kotak penalti hanya membentur tiang bagian atas.

Perancis akhirnya memecah kebuntuan melalui pada menit ke-79 melalui sundulan Pogba yang memanfaatkan bola yang lepas dari tangkapan Enyema.

Karim Benzema berpeluang untuk menambah keunggulan Perancis, tapi tendangannya dari luar kotak penalti kembali digagalkan Enyema yang bermain cemerlang.

Namun malapetaka kembali terjadi bagi Nigeria pada menit ke-90 ketika kapten Joseph Yobo yang mencoba menghalau bola di dalam kotak penalti justru masuk ke gawang sendiri sehingga memperbesar keunggulan Perancis menjadi 2-0.  (KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru