Monday, September 23, 2019
Home > Olahraga > Sepakbola Dunia > Portugal Kalahkan Ghana 2-1

Portugal Kalahkan Ghana 2-1

MIMBAR-RAKYAT.com (Brasilia) – Gol bunuh diri John Boye dan tembakan menit akhir dari Cristiano Ronaldo membuat Portugal menang 2-1 atas Ghana, Kamis, namun hasil itu tidak cukup untuk dapat membuat mereka menembus putaran kedua ketika kedua tim tersingkir dari Piala Dunia.

Portugal menyelesaikan fase grup dengan koleksi empat angka, sama dengan yang dimiliki AS di Grup G, namun AS berhak melaju ke putaran 16 besar berkat selisih gol yang lebih baik meski mereka kalah 0-1 dari juara grup Jerman di Recife.

Upaya buruk Boye saat ingin membuang bola pada babak pertama menjadi awal dari pertandingan mengecewakan antara kedua tim, yang memerlukan kemenangan besar di ibukota Brazil untuk dapat memelihara peluang melaju ke putaran berikutnya.

Hadangan pemain bertahan itu pada menit ke-31 terhadap umpan silang dari bek Portugal Miguel Veloso justru mengenai lututnya, dan kemudian mengenai mistar sebelum masuk ke gawang.

Gol itu terjadi setelah upaya serangan balik Ghana berakhir ketika ofisial asal Bahrain Nawaf Shukralla secara tidak sengaja memblok upaya operan mereka, sehingga Portugal dapat menguasai bola dan menuntaskannya dengan gol pembuka.

Ghana bermain lebih baik setelah turun minum dan penyerang Asamoah Gyan menanduk bola untuk menyamakan kedudukan setelah mendapat umpan silang brilian Kwadwo Asamoah pada menit ke-57.

Gyan kemudian menjadi pengumpan, mengirim bola dari sisi kiri kepada Abdul Majeed Waris yang tidak terkawal beberapa saat kemudian, namun sang penyerang hanya mampu menyundul bola yang melebar.
Upaya sia-sia tersebut terbukti merugikan tim Afrika itu, ketika kapten Portugal sekaligus pemain terbaik dunia Ronaldo membawa timnya unggul pada menit ke-80 setelah kiper Ghana Fatawu Dauda gagal menangkap bola tinggi dengan sempurna, dan bola mengarah lurus ke penyerang Real Madrid itu.

Ronaldo semestinya dapat memperbesar keunggulan timnya beberapa menit kemudian, namun Dauda mampu menepis sepakan sang penyerang itu dari jarak dekat, di mana sang kiper juga mampu menghalau upaya sang kapten pada fase akhir pertandingan.

Tersingkir dari Piala Dunia melengkapi dua hari yang buruk bagi Ghana, yang sempat mengalami perselisihan mengenai gaji dan telah mendepak dua gelandangnya Sullery Muntari dan Kevin-Prince Boateng karena kasus disiplin sebelum pertandingan Kamis dimulai.  (KB) 

Foto: hindustantimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru