Tuesday, August 04, 2020
Home > Berita > Polisi Tangkap 3 Pilot Tekait Narkoba, 2 dari Maskapai Pelat Merah

Polisi Tangkap 3 Pilot Tekait Narkoba, 2 dari Maskapai Pelat Merah

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono saat konferensi pers pilot pengguna narkoba.

MIMBAR-RAKYAT.Com (Jakarta) – Polisi menangkap tiga pilot pengguna sabu di Cipondoh, Kota Tangerang. Ketiga pilot tersebut ialah IP, DC, dan DS. Mereka berasal dari maskapai yang berbeda-beda.

“Yang satu swasta, yang dua pelat merah,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono dalam keterangan tertulis, Jumat (10/7).

Budi menjelaskan ketiganya ditangkap pada Senin (6/7) di rumah masing-masing. Selain mereka bertiga, polisi juga menangkap seorang karyawan swasta berinisial S.

S merupakan pemasok narkoba kepada tiga pilot tersebut. Ketiga pilot itu saling mengenal tapi tidak pernah mengkonsumsi sabu bersama-sama. “Dari keempatnya kita amankan 8 paket sabu 4 gram, timbangan, sabu yang terpakai 0,9 dan lainnya,” kata Budi.

Penggunaan narkoba di kalangan pilot tentu mengkhawatirkan dunia penerbangan. Efek narkoba yang bisa membuat halusinasi sangat berbahaya bagi pekerjaan pilot.

Polisi pun tidak bisa menerima alasan para pilot menggunakan narkoba. Sebab, kepada polisi mereka mengaku menggunakan narkoba untuk meningkatkan konsentrasi.

“Alasannya untuk konsentrasi. Konsentrasinya pas saat penerbangan atau setelah, kita masih dalami. Yang pasti ini cukup rawan karena menyangkut banyak orang,” kata Budi.

Budi memastikan pihaknya akan mengejar pemberi narkoba kepada S yang merupakan pemasok ke tiga pilot tersebut. Selain itu ia juga akan berkoordinasi dengan pihak maskapai terkait penangkapan para pilot tersebut. Mengingat para pelaku mengaku sudah lama menggunakan narkoba.

“Yang pasti setelah ini kita akan berkoordinasi dengan pimpinan penerbangannya. Terus berapa kali mereka melakukan penerbangan selama ini,” kata Budi. Para tersangka dijerat dengan pasal berlapis UU Narkotika. Mereka terancam pidana 12 tahun penjara. (K/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru