Tuesday, November 12, 2019
Home > Berita > PKPU Larang Terpidana Nyaleg, Jaksa Agung: Kecuali Tidak Ada Lagi Orang (Baik)

PKPU Larang Terpidana Nyaleg, Jaksa Agung: Kecuali Tidak Ada Lagi Orang (Baik)

Penjara (ilustrasi).

JAKARTA (Pos Kota) – Jaksa Agung M. Prasetyo menegaskan KPU memiliki peluang dan kewenangan membuat peraturan, sejauh itu berkaiatan dengan pengaturan pelaksanaan Pemilu.

“Bagaimana pun, kita negara hukum. Hukum di atas segala-galanya sebagai acuan, ” katanya menjawab soal PKPU (Peraturan KPU) yang melarang terpidana dicalonkan dalam Pemilu Legislatif, di Jakarta, Jumat (6/7).

Dia menilai semuanya bagus, semangatnya bagus, karena masih ada banyak warga negara lain yang lebih bersih yg diharapkan bisa lebih baik.

“Kalau mau menjadi anggota legislatif ya yang terbaik, kecuali kalau tidak ada orang lagi,” ujarnya dengan sarkastik.

Prasetyo mengingatkan dirinya sudah bukan orang partai lagi. Sebelum ini tercatat sebagai anggota Komisi III DPR dari Partai Nasdem

TERPIDANA

Sebelumya, KPU (Komisi Pemilihan Umum) telah mewajibkan setiap Parpol (Partai Politik) Peserta Pemilu 2019 tidak menyertakan mantan terpidana perkara narkoba, seksual terhadap anak dan koruptor sebagai nama bakal calon anggoga legislatif di tingkat pusat, kota dan kabupaten.

Pelarangan itu tertuang, dalam pasal 4 Peraturan KPU Nomor 20/2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Kota/Kabupaten

Isi pasal itu soal pengaturan dan pengaturan nama bakal calon anggota legislatif bisa dilakukan Parpol melalui seleksi secara ddmokratis dan terbuka sesuai AD/ART serta peratuan internal Parpol.

Namun, seleksi tidak menyertakan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi, seperti tercantum dalam pasal 4 ayat 3 PKPU 20/2018.

Proses pendaftaran Caleg (Calon Anggota Legislatif) telah dimulai sampai 17 Juli 2018. Masa kampanye, 23 September – 13 April 2019.. Pemungutan suara, 17 April 2019. (ahi/dir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru