Thursday, July 19, 2018
Home > Editorial > Pilkada yang Bermartabat

Pilkada yang Bermartabat

Pilkada serentak 2018. (kantorberitakemanusiaan)

Hari pendaftaran calon peserta Pilkada 2018 dimulai hari ini, Senin 8/1/2018, selama tiga hari ke depan. Terbayang betapa akan hirukpikuknya atmosfir tanah air selama beberapa bulan ke depan.

Presiden Jokowi tak kurang risaunya sehinggs mengimbau agar pelaksanaan pilkada serentak di 171 daerah berjalan sehat.

Setiap kandidat hendaknya menjunjung sikap santun dan demokratis.

“Demokrasi di Indonesia seharusnya mencerminkan karakter kita, karakter yang penuh dengan kesantunan, karakter yang tidak saling menjelekkan, tidak saling mencela,” kata Jokowi di kampus Universitas Muhammadiyah Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/1/2018).

Jokowi tidak berlebihan.Saat ini saja pertempuran belum dimulai  antar kandidat sudah saling menjatuhkan dan menjelekkan.

Bahkan korban sudah jatuh. Yang menggunakan kampanye hitam alias black campaign sudah gentayangan.Cawagub Azwar Anas Abdullah mengundurkan diri akibat video porno dirinya tersebar.

“Kampanye hitam itu harus betul-betul kita hilangkan dari proses-proses demokrasi kita,” tegas Jokowi.

Silakan para kandidat beradu prestasi, ide, dan gagasan. Demokrasi Indonesia,seharus mencerminkan karakter bangsa.Untuk itu seruan Jokowi patut diapresiasi sambil terus didorong untuk terus mengingatkan bangsa ini tanpa bosan.

Silakan adu prestasi, adu rekam jejak, track record, adu ide, adu gagasan, adu program, adu rencana-rencana. Himbauan semacam ini harus terus dimunculkan .

Sejalan dengan hal tersebut lembaga KPU yang punya kewenangan menyelenggarakan harus lebih galak menerapkan aturan main tanpa pandang bulu.

Sekali lagi, demokrasi kita harus mencerminkan karakter kita, karakter bangsa Indonesia yang ramah, sopan dan santun, penuh kesantunan.

Melalui Pilkada, Pemilu yang bermartabat dan berkeadilan.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru