Monday, September 23, 2019
Home > Berita > Pesawat Kargo Turki Jatuh, 32 Tewas

Pesawat Kargo Turki Jatuh, 32 Tewas

Tim penyelamat turun ke lokasi kecelakaan di dekat bandara Manas. (Reuters/Al Jazeera)

Tim penyelamat turun ke lokasi kecelakaan di dekat bandara Manas. (Reuters/Al Jazeera)

Mimbar-Rakyat.com (Manas) – Pesawat kargo Turki Boeing 747 jatuh di dekat bandara Manas Kyrgyzstan, Senin (16/1) pagi ini. Pesawat itu berusaha didaratkan pilot di bandara utama Kyrgyzstan dalam kabut tebal. Namun pesawat jatuh di perumahan penduduk.

Menurut pihak berwenang di lokasi, musibah itu menewaskan sedikitnya 32 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga desa. Boeing 747 itu dioperasikan oleh Turkish Airlines dengan nomor penerbangan TK6491.

Menurut pihak bandara, pesawat itu dalam perjalanan dari Hong Kong ke Istanbul memang menjadwalkan singgah di Manas, 25 km utara ibukota Bishkek, hari Senin pagi. Tapi naas, pewat jatuh di desa Dacha-Suu dekat Manas pada pukul 7:31 waktu setempat (01:31 GMT).

Mukhammed Svarov, kepala pusat manajemen krisis di kementerian keadaan darurat menyatakan, kecelakaan itu merusak 15 bangunan dan setidaknya 32 orang tewas setelah awalnya dilaporkan yang tewas adalah 15 orang.

Staf medis mengatakan, terdapat enam anak tewas, termasuk empat pilot juga meninggal. Bandara Manas, bandara internasional utama di Kyrgystan, langsung ditutup. Pesawat milik ACT MyCargo Airlines itu merupakan sebuah maskapai penerbangan kargo Turki yang berbasis di Istanbul.***(janet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru