Monday, July 13, 2020
Home > Berita > Permasalahan PT Kiyoto, Masyarakat Cibatu Audensi Dengan Komisi B

Permasalahan PT Kiyoto, Masyarakat Cibatu Audensi Dengan Komisi B

Suasana audensi masyarakat dengan Komisi B DPRD Garut, Jumat. (Yat)

MIMBAR-RAKYAT.com (Garut) – Sejumlah warga dari Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, melakukan audensi dengan Komisi B DPRD Kabupaten Garut, Jumat (18/11), guna menindaklanjuti kunjungan komisi B DPRD Garut ke lokasi PT Kiyoto Indonesia, di Kp. Congkang Desa Sindangsuka, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, pada 31 Oktober 2016.

Hadir dalam acara tersebut, Muspika Cibatu,Kades Mekarsari Juhdi Yudiantara, Kades Sindangsuka Ucu Sopian. LSM Komite Hijau, Karang Taruna dari kedua Desa.

Selain Komisi B, hadir pihak Dinas BPMPT, Kadis LH. Sedangkan pihak PT Kiyoto Indonesia diwakili oleh Irawan.

Dalam sambutannya, Irawan mengatakan, sebelum mendirikan pabrik di kawasan tersebut, pihaknya sudah kordinasi dengan Bupati Garut.

“Bupati sudah mengijinkan, sebab wilayah utara akan dijadikan kawasan industri. Kami hanya industri sekala kecil. Saat ini masalah perijinan sedang dalam proses. Kalau revisi RT RW tidak keluar, ya kami akan membatalkan pendirian pabrik tersebut,” paparnya.

Sementara LSM Komite Hijau melalui sekretarisnya Roni, mengatakan pada dasarnya tidak menghalangi PT Kiyoto Indonesia untuk mendirikan pabrik. Namun pihaknya meminta agar prosedur dijalankan seperti ijin prinsip, ijin lingkungan, dan lain-lain.

Ketua Komisi B, Dudeh Ruhiyat, menerima dan menampung aspirasi ini. Nanti akan mengadakan pertemuan kembali. Sebab, menurut perwakilan PT. Kyido Indonesia, Irwan, Proyek tersebut sudah di limpahkan ke PT. Biduri Jaya.

“Kami akan menggelar pertemuan ulang, sepuluh hari kedepan. Agar semua pihak hadir, dan bisa memahami apa yang jadi masalahnya, sebab PT. Biduri Jaya harus hadir juga,” ujar Dudeh.  (Yat R/KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru