Thursday, September 19, 2019
Home > Berita > Perlombaan Anak Ngaji Indonesia dan Riungan di ARH-UI

Perlombaan Anak Ngaji Indonesia dan Riungan di ARH-UI

Ketua Masjid Attauhid ARH-UI Prof dr H Yunizaf membuka acara Pelangi dan riungan di aula Masjid ARH-UI, Sabtu. (arl)

MIMBAR-RAKYAT.com (Jakarta) – Perlombaan Anak Ngaji Indonesia (Pelangi) dan riungan bersama para petinggi UI diadakan Sabtu di Aula Masjid  Attauhid Arif Rahman Hakim Universitas Indonesia di Jalan Salemba Raya, diselingi dengan penyerahan santunan kepada para anak yatim piatu. 

Acara lomba bersifat silaturahim itu diikuti sekitar 218 anak setingkat TK, SD dan SMP, dari berbagai wilayah Ibukota, yang saling memperlihatkan keahlian mereka di bidang perlombaan adzan, ceramah (Pildacil), nasyid, membaca surah Al Quran, menggambar dan mewarnai serta beberapa lomba lainnya.

Perlombaan yang berlangsung dari pagi hingga menjelang petang itu, dibuka resmi oleh Ketua Masjid Attauhid ARH-UI, Prof dr H. Yunizaf, SpOG, didampingi Kepala Perpustakaan ARH-UI Drs H Fauzi Asran, SIP, Koordinator Bidang Muamalat Masjid ARH-UI Dr. H. Chaerul D. Djakman, SE.MBA dan Koordinator Pelaksana Harian H. Rapei, S.Sos.I.

“Saya senang melihat anak-anak bersilaturahim sembari menunjukkan keahlian mereka masing-masing. Acara seperti ini penting bagi mereka, untuk lebih mengembangkan keahlian mereka di bidang masing-masing,” kata Prof Yunizaf.

Ia menilai, dalam jaman seperti sekarang ini, dimana pelajaran agama di sekolah sudah nyaris tidak ada – apalagi pelajaran budi pekerti yang lama sudah menghilang – maka harus ada inisiatip dalam bentuk  lain untuk mengembangkan kepribadian mereka ke arah yang positip.

“Dalam beberapa tahun ini kita absen melaksanakan silaturahim dan perlombaan seperti ini dan tahun ini baru kita mulai lagi. Kita berharap acara seperti ini dapat lebih ditingkatkan lagi,” kata Prof Yunizaf.

Ia mengimbau agar acara seperti itu tidak dinilai dari kalah menangnya dalam berlomba, melainkan dari pertemuan langsung sesama pelajar serta para pembimbing dan orangtua mereka, agar ikatan ilaturahim semakin erat.

Koordinator Pelaksana Harian Masjid ARH-UI, H Rapei, juga menginginkan agar acara seperti itu dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mempererat ikatan silaturahim para anak didik serta para pendamping mereka.

Penyerahan santunan / bingkisan pada anak yatim piatu. (arl)
Penyerahan santunan / bingkisan pada anak yatim piatu. (arl)
Para pemenang lomba menggambar dan mewarnai. (arl)
Para pemenang lomba menggambar dan mewarnai. (arl)

“Melalui acara ini, para anak didik saling berinteraksi pada bidang masing-masing dan para pendamping mereka pun dapat saling berkenalan dan akhirnya membahas berbagai hal yang berkaitan dengan masalah pendidikan putra-putri kita. Saya juga berharap silaturahmi ini tidak terputus hanya sampai di sini, semoga berlanjut pada kesempatan lain,” kata Rapei.

Pada kesempatan itu, Fauzi Asran sebagai kepala perpustakaan Masjid ARH-UI, mengimbau para pelajar dan guru serta mahasiswa memanfaatkan perpustakaan yang ada di lantai tiga gedung masjid itu, guna menambah ilmu pengetahuan dan agar buku-buku yang ada di situ tidak sia-sia.  (arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru