Friday, July 10, 2020
Home > Berita > Perjuangan dan Peran Warga Aceh di Qatar Dipuji Dubes RI

Perjuangan dan Peran Warga Aceh di Qatar Dipuji Dubes RI

Dubes puji perjuangan warga Aceh di Qatar. (sindonews)

MIMBAR-RAKYAT.com (Doha) – Potensi ekonomi dan peluang tenaga kerja Indonesia di Qatar menjadi topik pembahasan saat Dubes RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi menerima 12 pengurus organisasi kemasyarakatan Masyarakat Serambi Mekah di Qatar (Masmeqar) yang diketuai Rahmatullah di Wisma Duta, Doha, Qatar, pada 16 September 2016. 

Pertemuan juga  dihadiri oleh Penasehat dan tokoh senior Masyarakat Aceh di Qatar, Teuku Anwar dan Mahdi Musa.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan bersahabat, Rahmatullah menyampaikan susunan pengurus baru Masmeqar yang memiliki sekitar  300 anggota yang umumnya bekerja di berbagai sektor industri, dan perdagangan khususnya sektor minyak dan gas. 

Masmeqar merupakan organisasi masyarakat Indonesia  pertama yang dibentuk di Qatar dan sekarang telah menjelma menjadi 51 ormas yang diwadahi Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) yang dipimpin Edwin Kurniawan.

Dalam kesempatan itu, Dubes Basri mengapresiasi peran dan kontribusi warga Aceh. “Kontribusi dan perjuangan Masmeqar sebagai pionir TKI di Qatar sepatut diteladani,”  ujar mantan anggota DPR ini  mengingat Masmeqar yang merupakan cikal bakal tenaga kerja ahli di Qatar. 

Umumnya anggota Masmeqar adalah pindahan dari karyawan PT Arun NGL, Co, PT Pupuk ASEAN, dan Exxon Mobil yang di Aceh. Mereka dikenal dengan komunitas diapora Indonesia yang sudah memasuki generasi kedua yang bermukim di Qatar.   

Mantan Irjen TNI menyampaikan harapannya agar organisasi masyarakat Indonesia lainnya dapat mencontoh Masmeqar yang merupakan pionir TKI di sektor migas Qatar. “Perlunya peningkatan sinergi antara KBRI Doha dan Masmeqar agar dapat meningkatkan jumlah TKI di sektor minyak dan gas serta dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi nusa dan bangsa,” ujar Mantan Dan Sesko TNI ini.

Beberapa anggota Masmeqar merupakan pengusaha yang sukses di Qatar yang bergerak di bidang perdagangan khususnya retail dan kuliner. 

Salah satu di antaranya adalah Mahdi Musa yang memiliki swalayan Qatindo, Source of Fortune dan pemasok pada Hypermarket Careefour. Selain merangkap sebagai pengusaha properti, Mahdi Musa juga merupakan tokoh diapora Indonesia dan Ketua  Permiqa pertama. “Perlu kesabaran, fighting spirit dan jaringan dalam berbisnis di Qatar,” ungkap pengusaha yang telah bermukim lebih 20 tahun di Qatar ketika ditanya rahasia keberhasilannya dalam melakukan usaha.

Salah satu tokoh Diaspora, Said Malawi, mengharapkan adanya peningkatan kerjasama dan koordinasi agar peluang tenaga kerja di sektor migas dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 

Pegawai Qatar Gas yang telah bermukim 20 tahun di Qatar ini menyampaikan usulannya agar kontribusi Masmeqar dapat meningkatkan  jumlah TKI dari sekitar 40 ribu WNI saat ini. Pengurus Masmeqar  juga menyampaikan saran dan rekomendasinya guna mendukung misi KBRI Doha khususnya ekspansi tenaga kerja trampil Indonesia di Qatar.

Menurut Said Malawi, sebagian besar anggota Masmeqar bermukim pada kompleks Al-Khor Community (AKC) dan daerah lainnya seperti di Doha, Al Dakhira, Al Wakrah, Messaid dan Dukhan. Diperkirakan sekitar 1500 jiwa WNI tinggal di perumahan AKC dan merupakan komunitas diaspora Indonesia terbesar di dunia.

Dalam kesempatan itu, Rahmatullah juga melaporkan capaian yang dilakukan Masmeqar selama ini. “Kami turut berperan dalam membangun Aceh antara lain pendirian rumah Quran di Aceh dan kegiatan sosial lainnya yang bermafaat bagi masyarakat Aceh,” papar Rahmatullah yang menjabat sejak awal 2016.

Menurut Minister Counsellor KBRI Doha, B. Dharmawan, Masmeqar yang resmi dibentuk pada 7 Maret 2008 terlibat aktif mendukung diplomasi ekonomi dan budaya dalam berbagai kegiatan ekonomi dan sosial budaya tidak hanya bagi kepentingan masyarakat Indonesia juga dalam berbagai event internasional di Qatar.  (BD/arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru